UNIQLO akan bantu pasarkan produk UKM lokal

id Uniqlo, kemenkop UKM, Teten Masduki, dukungan bagi UMKM

UNIQLO akan bantu pasarkan produk UKM lokal

(ki-ka) Agus Sutrisno (Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian), Heri Purwoko (Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta) dan Irma Yunita (Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia), Gibran Rakabuming Raka (Walikota Surakarta) dan Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM), Ir. R. S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.S. (Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM), Shigeru. ANTARA/HO-Uniqlo Indonesia/am.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) mendorong perluasan akses pemasaran untuk pebisnis fashion lokal dengan memanfaatkan jaringan penjualan besar di Indonesia.

Untuk itu, Kemenkop-UKM menggandeng gerai fashion Jepang UNIQLO untuk memasarkan produk UMKM lokal selama tiga tahun ke depan. Harapannya, citra produk Indonesia di level internasional bisa semakin dikenal sekaligus membuka akses pasar bagi produk-produk unggulan daerah ke jaringan pemasaran yang lebih luas lagi.

“Kemitraan antara usaha besar dengan pelaku UKM Indonesia merupakan hal yang signifikan dalam pengembangan ekosistem dukungan bagi UKM. Kami berharap program ini dapat dirasakan oleh semua UKM di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya, Rabu.

Kerja sama itu juga dinilai dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis UKM lokal, sebab gerai penjualan besar memiliki jalur promosi dan ekspansi yang sudah mapan.

Sebenarnya pendampingan dan kolaborasi bersama UMKM telah dilakukan UNIQLO sejak 2019 lewat program "Neighborhood". Hingga kini, program itu telah hadir di 15 kota di Indonesia, salah satunya Solo dengan total lebih dari 96 UKM yang berpartisipasi.

Pada pelaksanaannya pun Kolaborasi Neighborhood dikaji setiap 6 bulan sehingga dapat memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal.

"Melalui program kolaborasi Neighborhood yang selama ini sudah kami lakukan di toko-toko UNIQLO Indonesia, kami berkomitmen untuk ikut mendukung upaya pemerintah dalam pertumbuhan UKM lokal di Indonesia,” ujar Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Irma Yunita.


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar