Jakarta (ANTARA) - Tim Jawa Timur melaju ke semifinal cabang olahraga tenis nomor beregu putra dan putri setelah lolos dari babak perempat final pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di arena tenis lapangan kawasan perkantoran Wali Kota Jayapura, Rabu.

Tim tenis putra Jawa Timur berhasil mengamankan tempat di semifinal tenis beregu setelah menumbangkan tim Papua 2-0, lewat dua partai tunggal.

Christopher Rungkat menyumbang angka pertama bagi Jawa Timur dengan kemenangan 6-1, 6-2 atas Esmid M Ridho. Selanjutnya, Rifqi Fitriadi menggandakan keunggulan Jawa Timur setelah menyudahi perlawanan Ramdhan Tri S dengan skor 6-0, 6-1.

"Saya cukup puas dengan permainan tadi, strategi berjalan sesuai dengan yang saya mau, lapangan juga saya sudah adaptasi, jadi enggak ada kendala, saya cukup puas," ujar Christopher kepada Antara ditemui usai pertandingan.

Baca juga: Papua dan DKI Jakarta amankan tiket ke semifinal tenis beregu putri

Di nomor beregu putri, tim Jawa Timur menekuk tim Jawa Tengah. Jessy Rompies menang 6-1, 6-1 atas Aulia Risma. Kemenangan juga diraih pada partai tunggal lainnya melalui Aldila Sutjiadi yang menumbangkan Alif Nafiah 6-0, 6-0.

"Tadi kalau dilihat dari skornya kita menang dengan mudah ya. dan memang kita udah yakin dari awal kalau kita bisa masuk ke babak semifinal, dan ya tadi kita bermain dengan baik, di single pertama dan kedua, dan kita bisa terus menekan lawan," kata Aldila.

Selain Jawa Timur, tim Papua Barat juga lolos ke semifinal tenis beregu putra dan putri. Tim tenis putri Papua Barat menekuk tim Jawa Barat 2-1, sementara tim tenis putra Papua Barat mengalahkan tim Bengkulu dengan skor akhir 2-1.

Baca juga: Layanan vaksin dan antigen pastikan keamanan penonton di arena tenis

Tim tenis putra Bengkulu juga mendapat slot di nomor beregu setelah menghempaskan Jawa Barat di perempat final lewat dua partai tunggal Wisnu Adi Nugroho dan Aditya Hari Sasongko.

Kalimantan Timur juga berhasil memperoleh tempat di semifinal beregu putra setelah membungkam Jawa Tengah 2-0.

Tim Papua dan DKI Jakarta telah terlebih dahulu memastikan tempat di semifinal nomor beregu putri.

Cabang olahraga tenis telah bergulir mendahului jadwal resmi PON XX Papua, yang akan dibuka 2 Oktober dan ditutup pada 15 Oktober, dengan laga perdana dimulai pada Minggu (26/9), berlangsung hingga 7 Oktober dengan tujuh nomor pertandingan.

Baca juga: Kehadiran bintang tenis di PON bawa semangat bagi atlet pemula Papua
Baca juga: PON Papua jadi ajang "comeback" Christopher Rungkat
Baca juga: Priska Nugroho bersemangat tampil dalam debutnya di PON

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021