Jakarta (ANTARA) - Setelah buka di Solo, Shopee hadirkan kampus usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Shopee Ekspor di Bandung.

"UMKM merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis Shopee. Maka dari itu kami menyiapkan kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor secara serius," kata Radynal Nataprawira selaku Head of Public Affairs Shopee Indonesia saat diskusi daring, Rabu.

Baca juga: Sebanyak 1,5 juta produk UMKM RI diekspor hingga Brazil lewat Shopee

Potensi UMKM perlu ditingkatkan melalui bimbingan dan pendampingan agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini semakin sering berbelanja secara online, lanjutnya.

Lebih lanjut Radynal mengatakan bahwa Bandung dipilih sebagai lokasi kampus karena Jawa Barat merupakan provinsi terbesar. Sehingga, pihak Shopee pun tak hanya menghadirkan Kampus UMKM Shopee Ekspor melainkan juga bekerjasama dengan pemerintah Jawa Barat untuk memberikan kurikulum vokasi.

"Kita melihat juga di Jawa Barat ini memang provinsi yang paling besar. Kita melakukan kerjasama juga dengan pemerintah provinsi Jawa Barat menghadirkan kurikulum vokasi Shopee. Vokasi ini untuk 200 sekolah menengah kejuruan yang akan diterima oleh 400 guru di Jawa Barat dan 20 ribu siswa SMK," jelasnya.

Baca juga: Shopee buka pelatihan bisnis digital untuk teman tuli di Solo

"Kita percaya ya pendidikan UMKM sejak dini itu memang sangat penting ya. Dibandingkan mereka joget-joget di depan sosial media, mungkin jauh lebih bermanfaat ketika mereka dapat menyerap ilmu-ilmu dari UMKM," ungkap Radynal.

Kampus UMKM Shopee Ekspor yang berlokasi di Jl. BKR No.27, Pasirluyu, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat tersebut menyediakan berbagai fasilitas yang sangat berguna dan memudahkan bagi para pelaku UMKM diantaranya seperti customer sevice, planning center, pojok studio foto, live streaming, export corner, pusat edukasi dan simulasi gudang.

Bagi masyarakat yang baru ingin mulai berjualan atau para UMKM yang ingin bergabung bersama Shopee di Kampus UMKM Shopee Ekspor, Radynal menjelaskan bahwa seluruh fasilitas yang ada di Kampus tersebut dapat dinikmati secara gratis.

"Fasilitas dan layanan ini semuanya gratis. Jadi semuanya ketika memang orang atau UMKM ingin datang itu semuanya free. Mereka bisa mendaftarkan bisnisnya secara online, kemudian mereka bisa datang aktif ini kampusnya dalam seminggu buka 6 hari. Dibuka dari mulai jam 9 sampai 15," ujar Radynal.


Baca juga: Ini jurus Shopee dukung UMKM naik kelas

Baca juga: Pesanan UMKM naik enam kali lipat dalam Shopee 9.9 Super Shopping Day


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021