Jakarta (ANTARA) - Entitas anak PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. atau WIKA yaitu PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKON) kini sudah menguasai 100 persen saham produsen sepeda motor listrik Gesits.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya, dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange (IDX), mengatakan bahwa WIKON selaku perusahaan terkendali Perseroan melakukan pengambilalihan saham milik PT Gesits Technologies atau GTI pada PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA).

"Transaksi jual-beli tersebut telah berlangsung pada 24 September 2021. Untuk mengakuisisi 6.800 lembar saham, atau setara 10,66 persen saham yang ditempatkan dan disetor di WIMA tersebut, WIKON menggelontorkan dana sebesar Rp36,5 miliar," ujar Mahendra dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan bahwa melalui transaksi tersebut kini WIKON menjadi pemegang 100 persen saham pada WIMA.

Sebagaimana diketahui WIMA merupakan perusahaan patungan manufaktur motor listrik Gesits antara WIKON dan GTI.

"Bahwa pelaksanaan transaksi sebagaimana tersebut di atas memberikan dampak positif bagi keberlangsungan kegiatan usaha WIMA, sekaligus memberikan nilai tambah bagi perseroan," ujar Mahendra.

Motor GESITS mengandalkan mesin motor listrik bertenaga 6,7 dk dan torsi 30 Nm yang mendapat daya listrik dari baterai berkapasitas 1.396 Watt. Dalam keadaan penuh, motor ini bisa menjelajah hingga 50 km.

Pengisian baterainya dapat dilakukan dengan 2 cara: normal charging yang mengambil daya listrik sebesar 350 wH dan fast charging 450 wH. Sehingga, pada mode normal, kecepatan pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam, sedangkan pengisian cepat 3-4 jam.

Terdapat 3 macam mode berkendara yang ditawarkan, mencakup Eco, Urban, dan Sport. Masing-masing menawarkan kecepatan puncak dan jarak tempuh berbeda. Tipe Sport bisa melaju hingga 60-70 km/jam.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021