Jakarta (ANTARA) -
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan memberikan bantuan tali kasih kepada keluarga kader yang meninggal dunia akibat COVID-19.
 
Bantuan tali kasih itu diserahkan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri kepada 201 keluarga kader PDIP melalui rapat partai terbatas yang dilaksanakan secara virtual, Kamis.
 
Megawati hadir dari kediaman di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Sementara Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memimpin dari kantor partai di Jalan Diponegoro, bersama Wasekjen Sadarestuwati, dan Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi Sukur Nababan.
 
Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDIP M Prananda Prabowo dan Ketua DPR RI Puan Maharani hadir di acara itu secara virtual.
 
Hasto menceritakan tali kasih ini diinisiasi pertama kali oleh M Prananda Prabowo.

Baca juga: Megawati mengajak masyarakat ingat jasa pahlawan bangsa
 
Prananda, kata Hasto, meminta agar selain melaksanakan perintah untuk membantu rakyat dalam mengatasi dampak pandemi, kader partai sendiri juga diperhatikan.
 
Setiap kader harus dipantau, dimana yang terpapar dan akhirnya meninggal dunia serta harus didata.
 
"Setelah itu, atas arahan Mas Prananda, dibuatlah tali kasih ini, yang pelaksanaannya diorganisasikan Ketua DPP Bidang Organisasi Pak Sukur Nababan," ujar Hasto dalam siaran persnya.
 
Awalnya, tali asih yang diberikan nilainya Rp2,5 juta per keluarga. Namun belakangan, Megawati memberi tambahan dari pribadinya sehingga totalnya Rp5 juta per keluarga.

Baca juga: PDIP peringati pidato Soekarno di Markas PBB
 
"Setelah konsultasi dengan Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati langsung ikut bergotong royong dan setiap keluarga mendapat tali kasih Rp5 juta. Ini bentuk solidaritas, rasa cinta, dimana Ibu Ketua Umum memberi perhatian besar kepada setiap kadernya. Beliau terus mendoakan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia segera dibebaskan dari pandemi ini," kata Hasto.
 
Megawati Soekarnoputri meminta agar keluarga penerima tali kasih tak melihat nilai bantuan, namun kemurnian hati dari pemberian itu.
 
"Kalau bisa nanti di setiap DPD juga terus melihat dari keluarga yang ditinggalkan oleh almarhum maupun almarhumah, bagaimana anak-anaknya. Kalau memungkinkan mari kita 'sharing' lagi untuk menyekolahkan mereka, untuk memberikan makanan bergizi," kata Megawati.

Baca juga: PDIP apresiasi PT KAI bangun patung Soekarno
 
Sementara itu, Ketua DPP PDIP Sukur Nababan menambahkan, bahwa kegiatan ini adalah upaya partai menjaga spirit bergotong royong, sekaligus agar kader selalu siap sedia bergotong royong bersama rakyat, tanpa gentar, tak takut turun, dan membantu rakyat mengatasi pandemi COVID-19.
 
"Di dalam upaya perjuangan itu banyak kader PDI Perjuangan terkena COVID. Dari catatan, ada 201 keluarga yang sebagian besar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, dan Jakarta," kata Sukur Nababan.
 
Erniyati Fibriyanti Andi, perwakilan keluarga penerima tali kasih menyampaikan terima kasih kepada partai yang memberi perhatian, khususnya kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Megawati atas bantuannya kepada keluarga kami," kata Erniyati.
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021