saat ini kami berkonsentrasi untuk mempersiapkan ANBK yang akan diikuti oleh kelas 8
Surabaya (ANTARA) - Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Surabaya, Jawa Timur, dialihkan sementara ke sistem daring menjelang Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP yang merupakan program pemerintah pusat.

"Jadi saat ini kami berkonsentrasi untuk mempersiapkan ANBK yang akan diikuti oleh kelas 8. ANBK itu akan digelar pada 4-7 Oktober 2021," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Sekolah Menengah (Sekmen) Dispendik Kota Surabaya Tri Aji Nugroho di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, saat ini pihak Dispendik dan pihak sekolah sedang mempersiapkan sarana dan prasarana (sarpras) berupa komputer, karena nantinya ANBK ini hampir mirip dengan ujian nasional yang menggunakan komputer. Bahkan, kini Dispendik tengah mempersiapkan pengawas hingga administrasinya.

Baca juga: Dispendik: Evaluasi PTM di Surabaya selama dua pekan berjalan baik

"Sistemnya nanti hampir mirip dengan UN (ujian nasional) dulu. Jadi, mereka akan mengerjakan soal langsung di komputer untuk mengukur kompetensi dan numerasi siswa," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, dalam rangka sterilisasi tempat, persiapan sarpras dan  administrasi di sekolah, serta supaya pelaksanaannya lebih lancar, maka pembelajaran di SMP dilakukan secara daring sampai ANBK selesai.

"Mulai hari ini dialihkan ke daring, dan mungkin pada hari Senin (11/10), PTM di SMP bisa dilakukan kembali, karena ANBK-nya sudah selesai," ujarnya.

Baca juga: ITS Surabaya siapkan kuliah secara "hybrid"

Aji juga memastikan bahwa pada saat pelaksanaan ANBK, Dispendik akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan, pelaksanaan ANBK itu sudah diasesmen oleh Satgas COVID-19 Surabaya, sehingga nantinya pelaksanaannya akan dibagi ke dalam beberapa sesi, dan setiap sesi di dalam kelas hanya 15 siswa.

"Nanti kami juga akan berkoordinasi dengan Dinkes untuk mengatur jadwal tes swab siswa yang akan mengikuti ANBK ini, karena kita berharap nantinya siswa yang mengikuti ANBK benar-benar sehat. Inilah bentuk kehati-hatian kami di masa pandemi ini," ujarnya.

Baca juga: Menjelang PTM, sekolah di Surabaya diminta diasesmen ulang

Selain itu, Aji juga membantah adanya klaster sekolah di Kota Surabaya yang menyebabkan PTM SMP ditiadakan. Menurutnya, PTM itu bukan ditiadakan atau dihentikan, tapi dialihkan sementara karena sekolah tengah mempersiapkan ANBK ini.

"Tes usap yang dilakukan kepada siswa itu merupakan bentuk kehati-hatian pemkot selama menggelar PTM di sekolah," katanya. 

Baca juga: 300 nakes Surabaya diperbantukan percepat vaksinasi di Sidoarjo

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021