Jakarta (ANTARA) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dinilai ikut berkontribusi dalam perkembangan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Mimika hingga bertaraf "smart city", karena bisa mempermudah pemanfaatan jaringan untuk pelayanan publik.

Hal ini dikemukakan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dalam konferensi pers di Media Center klaster Mimika, Kamis, yang secara jelas mengatakan bahwa karena adanya PON, jaringan telekomunikasi yang dibangun oleh pemerintah memiliki kualitas yang baik.

"Jaringan yang digunakan untuk PON Papua, otomatis bisa digunakan seterusnya untuk kebutuhan masyarakat di Mimika. Pelayanan publik menjadi lebih cepat dan efisien dari pada sebelumnya. Misalnya pembuatan NIK, surat kematian dan lain sebagainya, kini sudah bisa dilayani melalui aplikasi," katanya.

Baca juga: PB PON Papua apresiasi dukungan infrastruktur telekomunikasi

Selain itu, Kabupaten Mimika juga sudah memiliki fasilitas pusat kendali yang pertama di Provinsi Papua. Fasilitas ini, berguna dalam mengatur setiap lalu lintas melalui pemasangan ratusan CCTV di berbagai sudut kabupaten.

"Hal ini meningkatkan keamanan atau keselamatan lalu lintas di jalan, dengan memasang CCTV untuk memantau situasi Kabupaten Mimika," Johannes menyebutkan.

Terakhir, pihaknya juga akan mempercepat kebijakan pembayaran secara digital pada setiap kegiatan ekonomi yang berlangsung di Kabupaten Mimika. Saat ini, dirinya telah membentuk tim khusus yang mendorong kebijakan ini.

"Membuat percepatan pembayaran secara digital bisa melalui elektronik. Saat ini pembayaran elektronik sudah bisa dilakukan ketika membayar PBB," tuturnya.

Ia pun mengimbau masyarakat Mimika, agar menjaga sepenuhnya berbagai infrastruktur telekomunikasi yang saat ini tengah gencar dibangun di wilayah tersebut.

Johanne menilai, infratruktur ini akan menjadi salah satu pilar penting dalam memajukan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mimika dalam berbagai aspek di masa mendatang.

"Infrastruktur yang telah dibangun ini, harus dapat dijaga bersama-sama," pungkasnya.

Baca juga: BAKTI siapkan pendukung jaringan telekomunikasi PON XX Papua

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021