Ratusan rumah warga di Meulaboh Aceh Barat terendam banjir

id BPBD,banjir meulaboh aceh

Ratusan rumah warga di Meulaboh Aceh Barat terendam banjir

Pengguna jalan melintasi genangan banjir saat melintasi ruas Jalan Nasional, Meulaboh, Aceh Barat, Jumat (1/10/2021). ANTARA/Teuku Dedi Iskandar.

Meulaboh (ANTARA) - Ratusan rumah warga yang tersebar di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, sepanjang Jumat ini terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter, setelah kawasan itu diguyur hujan lebat sepanjang hari.

“Tidak ada warga yang mengungsi akibat musibah banjir di Aceh Barat, hanya rumah milik masyarakat saja yang terendam air,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mashuri di Meulaboh, Jumat sore.

Ada pun lokasi banjir yang merendam rumah warga diantaranya di Desa Suak Ribee, Seuneubok, Kuta Padang, Ujong Baroh, Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Selain itu, kata Mashuri, banjir juga turut menggenangi sejumlah ruas jalan protokol di pusat perdagangan setempat.

Baca juga: Anggota DPRA berharap pemerintah pusat atasi banjir rob di Aceh Barat

Baca juga: Banjir rob rusak puluhan rumah warga di Meulaboh Aceh Barat


Akibatnya, akses transportasi warga di daerah ini turut terganggu, karena ruas jalan terendam banjir dengan ketinggian air di badan jalan mencapai 30 centimeter.

Mashuri juga menambahkan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat bersama pihak terkait lainnya, masih terus berupaya melakukan pendataan guna memastikan berapa banyak warga di daerah ini yang terdampak banjir.

“Jumlah rumah yang terendam masih didata. Nanti kita update lagi datanya jika sudah lengkap,” kata Mashuri menambahkan.

Pihaknya mengakui penyebab terjadinya banjir di Aceh Barat disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi sepanjang Jumat pagi hingga siang hari, katanya menuturkan.*

Baca juga: Banjir rob rendam 10 unit rumah di Meulaboh Aceh Barat

Baca juga: Banjir rob terjang empat desa di Aceh Barat

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar