Dia sudah saya titipkan ke Balai Diklat
Parit Malintang (ANTARA) -
Menteri Sosial Tri Rismaharini akan menerima seorang warga yang anggota keluarganya meninggal akibat tertimbun longsor di Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Lubuak Aluang Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat pada Rabu (29/9) untuk bekerja di kementerian yang dipimpinnya.

"Dia sudah saya titipkan ke Balai Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) di Padang, nanti dia bisa langsung kerja," kata Mensos Tri Rismaharini usai mengunjungi lokasi bencana di Lubuk Alung, Sabtu.
 
Warga yang selamat tersebut bernama Kesayangan Nduru yang akan wisuda pada akhir bulan ini di salah satu perguruan tinggi di Padang.
 
Kesayangan saat diajak bicara oleh Mensos dan Anggota DPR RI John Kenedy Azis, terlihat kedua telapak tangannya mencengkeram kuat dan gemetar sehingga kedua tokoh itu pun secara bergantian memegang erat tangannya untuk memberikan dukungan moril.
 
Mensos menegaskan bahwa Kesayangan tidak sendiri karena semua pihak ada untuknya sehingga meminta untuk tidak larut dalam kesedihan.

Baca juga: Mensos: Paling penting tidak ada lagi penebangan liar

Baca juga: Mensos Risma: Anak-anak penerima bansos tidak boleh putus asa

 
"Saya juga meminta di nagari itu ada trauma healing, karena di sana ada traumanya," katanya.
 
Ia pun meminta pihak terkait di nagari setempat untuk membangun rumah warga jauh dari tebing agar ketika terjadi longsor maka warga tidak menjadi korban.
 
Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis mengatakan untuk menyikapi hal tersebut perlu ada bimbingan dari pihak terkait sehingga traumanya tidak terus berlarut.
 
"Karena trauma dia kesulitan melepas cengkeraman tangannya," ujarnya.
 
Ia meminta kepada Kesayangan agar setelah wisuda segera mengurus riwayat hidup pendidikannya dan menyerahkannya kepada Kemensos atau dapat juga melalui dirinya.
 
Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau lokasi bencana banjir, longsor, dan pohon tumbang di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat akibat cuaca ekstrem yang terjadi pada Rabu (29/9).
 
"Sebenarnya waktu mendengar ada korban saya mau ke sini, tapi posisi saya waktu itu di Gorontalo, kemarin malam saya pulang dan paginya (pagi tadi) saya ke sini," kata Mensos di Ulakan Tapakis, Padang Pariaman. 

Baca juga: Mensos turun langsung ke lokasi banjir di Gorontalo

Baca juga: Korban bencana banjir di Minahasa Tenggara terima santuan dari Mensos

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021