Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan akan membuka pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua cabang olahraga atletik, Selasa (5/10).

"Ketua kami Pak Luhut Binsar Pandjaitan Insya Allah beliau besok datang sekaligus akan membuka acara," kata Technical Delegate Cabang Olahraga Atletik Dwi Priyono kepada Antara di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Senin.

Dwi mengatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu juga diagendakan meresmikan GOR Mimika Sport Complex yang pembangunannya telah dimulai sejak 2013 silam.

Baca juga: Kesiapan arena cabang olahraga atletik PON XX Papua capai 95 persen

Usai acara peresmian, Luhut akan membuka pertandingan pertama final nomor 5.000 meter putra serta mengalungkan medali kepada para pemenang.

"Kami rencanakan beliau yang akan menembakkan pistol untuk start yang 5.000 meter. Insya Allah beliau juga diharapkan bisa mengalungkan medali," kata Dwi.

Dalam kesempatan itu, Dwi mengatakan bahwa kesiapan arena PON XX Papua cabang olahraga atletik telah mencapai 95 persen.

Dwi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan di berbagai nomor perlombaan. Untuk hari ini, kata dia, panitia telah menguji kesiapan "photo finish" dan "start block".

"Tadi pagi atlet sudah mencoba 'start block' itu dengan sistem 'photo finish' yang baru. Itu sudah dicoba dan hasilnya sudah siap," kata dia.

Dwi berharap pertandingan cabang olahraga atletik dapat berjalan lancar dan sukses menelurkan atlet-atlet berprestasi.

Baca juga: Tim atletik DKI Jakarta utamakan regenerasi atlet pada PON Papua

Dia juga mengajak masyarakat Papua untuk turut menyemarakkan pertandingan atletik dengan hadir langsung ke stadion.

"Kami berharap masyarakat tetap datang. Walau atletik tidak sespektakuler basket tapi tetap datang karena di sini ada atlet Papua juga, tuan rumah tentu saja membutuhkan dukungan dari mereka semua," ujar Dwi.

Pertandingan PON XX Papua cabang olahraga atletik akan berlangsung mulai 5 hingga 14 Oktober 2021 di GOR Mimika Sport Complex dan Kompleks Freeport Kuala Kencana.

Terdapat 23 nomor perlombaan putra dan putri yang dipertandingkan untuk memperebutkan 46 medali emas, 46 medali perak, dan 46 medali perunggu.

Baca juga: Atletik Kalsel turunkan atlet maraton dan jalan cepat di PON Papua

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021