Jayapura (ANTARA) - Jawa Timur mengawinkan medali emas selam kolam pada nomor 50 meter surface Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua melalui Wahyu Anggoro Tamtomo dan Angeline Soegianto.

Tampil di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu, Wahyu Anggoro menjadi yang terbaik pada nomor putra dengan catatan waktu 15,77 detik.

Dia mengalahkan I Kadek Darmawan dari Jawa Barat yang pulang dengan perak usai mencatatkan waktu 17,39 detik dan I Putu Sheva Marta Dewa dari Bali yang meraih perunggu dengan 17,94 detik.

"Saya kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Saya telah berjuang dan berlatih serius dan ini adalah hasilnya," kaya Wahyu Anggoro kepada wartawan usai lomba.

Sementara itu, Angeline Soegianto yang turun pada nomor 50 meter surface putri keluar sebagai pemenang setelah mencatatkan waktu terbaik 19,54 detik.

Dia mengalahkan Seroja Mutiara Abadi dari Bengkulu (19,66 detik) dan Ashifa Helsa Ashuroh dari Jawa Tengah (19,93 detik). Keduanya masing-masing membawa pulang perak dan perunggu.

"Hasil ini diluar dugaan karena saingannya berat. Tetapi saya akhirnya bisa meraih kemenangan," ujar Angeline Soegianto.

Hari ini, selam kolam memperlombakan delapan medali emas. Selain 50 meter surface putra dan putri, nomor lainnya adalah 50 meter bifins putra dan putri, 200 meter bifins putra dan putri, serta 200 meter surface putra dan putri.

Baca juga: Disaksikan LaNyalla, atlet selam Jatim pecahkan rekor PON
Baca juga: Hari pertama selam kolam, satu rekor terpecahkan di PON Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021