Ddayung yang notabene menjadi salah satu cabang olahraga andalan Sulawesi Tengah mendominasi semifinal untuk lima nomor pertandingan sekaligus
Palu (ANTARA) -
Atlet cabang olahraga dayung asal Provinsi Sulawesi Tengah berhasil masuk ke putaran final di PON XX Papua di bawah asuhan pelatih Wahyu Aristina, pada Rabu.
 
Juru bicara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah Agus Manggona yang dihubungi dari Palu Rabu mengatakan, pada nomor LM2X pelatih dayung Wahyu Aritina menempatkan Rio Riski Darmawan dan Ahmad Tarmizi Nhurawan melaju ke final..
 
“Sementara nomor M8+ menurunkan Ahmad Tarmizi, Rizki Umar, Moh Refaldi Pasaribu, Mirwan, Rio Riski Darmawan, Roi Fitriawan, Mercelino Sigi, Chandra Juan Tolemo serta Wahyu Hidayat, termasuk dinomor LM4-, M4X serta nomor W1X,” katanya.
 
Ia menjelaskan, dayung yang notabene menjadi salah satu cabang olahraga andalan Sulawesi Tengah mendominasi semifinal untuk lima nomor pertandingan sekaligus.

Nantinya, kelima kategori tersebut akan bertanding pada laga final Kamis (7/10) sesuai jadwal, yakni pukul 08.00 WIT di Teluk Youtefa, Jayapura.

“Ya, mudah-mudahan pertandingan ini berjalan lancar semuanya, kita juga berharap doa dari masyarakat Sulawesi Tengah untuk para atlet-atlet kita yang akan berlaga,” kata Agus.
 
Ia menambahkan, dalam perebutan medali emas atlet Sulawesi Tengah memiliki peluang yang cukup besar, karena ditunjang dengan kehadiran Rio Riski Darmawan dan Ahmad Tarmizi Ngurawan yang berstatus sebagai atlet nasional.

“Namun seluruhnya tetap punya peluang, tergantung kondisi saat tanding nanti, karena saat tanding mereka akan berhadapan dengan angin, gelombang, cuaca panas, dan lainnya,” katanya.
 
Hingga sepekan lebih pergelaran pesta olahraga empat tahunan di Papua, Sulawesi Tengah menempati urutan ke 22 dari 34 peserta berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan rincian satu medali emas, tiga perak dan satu perunggu, demikian Agus Manggona.

.Baca juga: Parigi Moutong kirim dua atlet dayung ke PON XX Papua

Baca juga: Pelatih atlet PON Sulteng minta bantuan peralatan lomba

Baca juga: Jabar, Jambi, dan Sulteng berbagi emas di dayung rowing Popnas

 

Pewarta: Mohamad Ridwan/Izfaldi Muhammad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021