Saya mendukung rencana pemerintah tersebut yang bertujuan untuk memulihkan pariwisata sekaligus ekonomi negara
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana pemerintah membuka kembali penerbangan internasional di dua bandara dalam waktu dekat, yakni di Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali dan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Saya mendukung rencana pemerintah tersebut yang bertujuan untuk memulihkan pariwisata sekaligus ekonomi negara," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Meskipun demikian Bamsoet meminta pemerintah daerah yang sudah membuka penerbangan internasional untuk tetap waspada dengan memperketat penjagaan, pengawasan di setiap pintu masuk ke Indonesia, khususnya bagi perjalanan internasional dengan transportasi udara.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian virus baru COVID-19 masuk ke Indonesia melalui simpul-simpul transportasi yang melayani rute internasional.

Baca juga: Dukung Ngurah Rai dibuka, Pengamat: Tetap perketat penanganan bandara

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai siap sambut kedatangan turis mancanegara


Selain itu pemerintah diminta untuk memberlakukan karantina bagi warga negara asing (WNA) yang memasuki wilayah Indonesia, termasuk warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal tersebut, kata dia, penting guna mencegah masuknya kasus baru COVID-19 yang berasal dari perjalanan internasional.

Bamsoet juga meminta pemerintah untuk menyiapkan regulasi ataupun ketentuan terkait pelaku perjalanan internasional yang meliputi kesiapan satgas, ketentuan karantina, penerapan protokol kesehatan, hingga testing untuk diimplementasikan dengan baik dan benar.

Pemerintah dan semua pihak terkait, kata dia, juga harus tetap waspada terhadap setiap pelonggaran kebijakan yang ada, khususnya kebijakan terkait dibukanya kembali perjalanan internasional.

"Jangan sampai ada kelalaian yang berakibat kasus COVID-19 di Tanah Air kembali meningkat," ujarnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021