importasi vaksin melalui Bandara Ahmad Yani Semarang ini merupakan yang kedua yang dilakukan PT Pfizer Indonesia
Semarang (ANTARA) - Sebanyak 854.100 dosis vaksin COVID-19 merek Pfizer masuk ke Indonesia melalui Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Anton Martin dalam siaran pers di Semarang, Kamis, mengatakan fasilitas fiskal berupa pembebasan Bea Masuk dan pelayanan segera diberikan terhadap importasi vaksin Pfizer yang datang Kamis ini.

"Perkiraan nilai pembebasan Bea Masuk sekitar Rp79 miliar," katanya.

Baca juga: Sumsel terima alokasi 99.450 dosis vaksin COVID-19 Pfizer

Menurut dia, importasi vaksin melalui Bandara Ahmad Yani Semarang ini merupakan yang kedua yang dilakukan oleh PT Pfizer Indonesia.

Ia menuturkan pemberian fasilitas fiskal tersebut merupakan bentuk komitmen Bea Cukai Tanjung Emas dalam penanganan COVID-19.

Baca juga: Pemda diminta giat sosialisasi pentingnya vaksin melibatkan tokoh

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Kudus mencapai 45,3 persen


Pemberian fasilitas fiskal ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 74/PMK.04/2021 tentang Pengeluaran Barang Impor Untuk Dipakai Dengan Pelayanan Segera serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/ atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Pengadaan Vaksin dalam rangka Penanganan Pandemi COVID-19.

Ia menambahkan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia bisa lebih cepat dengan kedatangan lebih banyak vaksin.

Menurut dia, kebijakan fiskal tidak hanya diberikan pada importasi vaksin, namun juga komoditas lain untuk penanganan COVID-19, seperti tangki oksigen serta alat kesehatan lainnya.

Baca juga: TNI gelar Serbuan Vaksinasi COVID-19 di pusat perbelanjaan Surabaya

Baca juga: BPOM keluarkan izin EUA vaksin Zifivax


Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021