Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) menggandeng Danlantamal XIV Sorong bersama-sama berpaya meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah itu sebagai daerah pesisir dan kepulauan.

"Untuk percepatan vaksinasi di daerah kepulauan harus punya strategi. Kami sudah koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan transportasi darat maupun laut bagi mobilisasi vaksin, kami juga mendorong tenaga vaksinator ke daerah- daerah kepulauan," kata Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin di Ternate, Jumat.

Kapolda menyampaikan 69 persen wilayah Malut adalah perairan dan 31 persen daratan yang merupakan daerah pesisir, kepulauan dan pedalaman, sehingga ini menjadi kendala dalam capaian vaksinasi.

Baca juga: Malut targetkan vaksinasi COVID-19 bagi warga 2.000 dosis per hari

Baca juga: Sejumlah elemen di Malut baksos dukung serbuan vaksinasi COVID-19


Lebih lanjut, Kapolda menjelaskan sinergitas TNI-Polri merupakan ujung tombak dari percepatan vaksinasi di daerah kepulauan, terutama sinergi antara TNI Angkatan Laut dan BPBD dalam transportasi menuju daerah kepulauan tersebut sangat dibutuhkan.

Apalagi, Provinsi Malut saat ini menduduki peringkat kelima di bawah Provinsi Sultra, sehingga mengupayakan kegiatan percepatan vaksinasi secara maksimal. "Kami optimistis dalam beberapa hari ke depan Maluku Utara bisa berada di atas Provins Sultra, bahkan bisa melebih Provinsi Kalbar," ucapnya.

Kapolda Maluku Utara didampingi Dir Polairud Polda Malut Kombes Pol Rd.Djarot Agung Riadi, S.Ik, Wadir Intelkam Polda Malut AKBP Andri Hariyanto S.Ik menerima audiensi dari Danlantamal XIV Sorong bertempat di ruang kerja Kapolda Malut. Kamis (7/10).

Audiensi ini juga dihadiri oleh Danlantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani SE, MSi, M.Tr, Opsla serta Danlanal Ternate Kolonel (Laut) Komarudin.

Baca juga: Belum ikuti vaksinasi, sebagian gaji ASN di Morotai-Malut ditunda

Sementara itu, Danlantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani SE, M.Si, M.Tr, Opsla mengapresiasi Kapolda Malut yang telah menerima silaturahim kami dengan baik, dan ini merupakan salah satu bentuk sinergi TNI-Polri yang begitu kuat.

"Kami dari jajaran TNI Angkatan Laut siap bersinergi dengan Polri dalam mendukung pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi di daerah. Kami sudah perintahkan Danlanal Ternate maupun Danlanal Morotai untuk mendukung kegiatan Polda dengan maksimal, baik kegiatan percepatan vaksinasi maupun kegiatan operasional lainnya," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021