Bank Mandiri terus akselerasi transformasi layanan digital

id Bank mandiri,Transformasi digital,UMKM

Bank Mandiri terus akselerasi transformasi layanan digital

Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama. (ANTARA/HO-Mandiri)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus mengakselerasi transformasi layanan digital guna mendukung pengembangan bisnis perseroan ke depan, salah satunya melalui Financial Super App Livin’ by Mandiri dan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri.

"Kedua layanan digital ini dipercaya mampu memberikan solusi perbankan digital yang komprehensif, baik bagi nasabah ritel maupun bisnis korporasi, melalui pemanfaatan infrastruktur digital Bank Mandiri yang saling terkoneksi dengan ekosistem bisnis digital," kata Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Timothy menjelaskan bahwa saat ini Bank Mandiri telah melayani lebih dari 31 juta rekening tabungan dan 2 juta rekening kredit.

Memasuki usia yang ke-23 tahun, Bank Mandiri memiliki visi untuk bertranformasi ke arah beyond digital bank yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan nasabah dari hulu hingga ke hilir, termasuk menghubungkan layanan keuangan Bank Mandiri dengan ekosistem digital yang saat ini semakin meningkat terutama pada segmen UMKM.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), jumlah UMKM yang sudah terhubung ke dalam ekosistem digital telah mencapai 15,9 juta atau 24,9 persen dari total pelaku UMKM yaitu sekitar 65 juta.

Jumlah itu meningkat signifikan selama pandemi COVID-19. Sebelum pandemi, pelaku UMKM yang terhubung dalam platform digital baru mencapai sebanyak 8 juta UMKM.

Untuk menyambut tren tersebut, bank dengan kode emiten BMRI itu telah mengenalkan Financial Super App Livin' by Mandiri. Teranyar, Super App Livin' by Mandiri mengusung konsep cabang dalam genggaman dengan layanan finansial yang komplit, termasuk integrasi layanan anak perusahaan Mandiri Group dan ekosistem digital favorit nasabah. Menurut Timothy, satu Financial Super App Livin’ by Mandiri cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah.

Di Super App Livin' by Mandiri, nasabah bisa melakukan pembukaan rekening tabungan perdana secara daring, mengakses seluruh rekening tabungan, pinjaman personal, dan kartu kredit, bahkan terintegrasi dengan ekosistem digital favorit nasabah seperti e-wallet, hanya dengan sekali login.

"Untuk New Livin’ by Mandiri, satu akses saja cukup. Kita tidak ingin merepotkan nasabah dengan menyediakan multi-aplikasi ataupun user id yang berbeda-beda," ujar Timothy.

Kemudian dari sisi perusahaan atau wholesale, Bank Mandiri juga memperkenalkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri yang merupakan layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir.

Kopra by Mandiri dihadirkan sebagai pionir wholesale super platform di industri perbankan nasional yang menawarkan agregasi layanan digital untuk pelaku bisnis dalam satu akses yang terbagi dalam tiga varian, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.

Kopra Portal merupakan varian pertama Kopra yang menyediakan single access portal untuk memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengakses layanan portal digital existing Bank Mandiri.

Konsep perbankan digital terintegrasi disediakan melalui varian kedua yaitu Kopra Host to Host dengan teknologi berbasis API yang memberi kemudahan nasabah dalam melakukan inisiasi, otorisasi dan kontrol transaksi melalui sistem nasabah yang terhubung langsung dengan sistem bank.

Varian ketiga, yaitu Kopra Partnership menyediakan perluasan akses keuangan digital dan inklusi keuangan nasabah melalui partnership atau kemitraan dengan pihak-pihak di luar Bank Mandiri yang memiliki kapabilitas sebagai business enabler.

Kehadiran Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri, lanjut Timothy, memungkinkan nasabah, debitur hingga pelaku usaha saling terkoneksi dengan layanan perbankan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri.

"Kami yakin, layanan digital Bank Mandiri mampu membantu nasabah terus tumbuh dan naik kelas melalui kemudahan transaksional di dalam ekosistem digital yang saling terhubung melalui Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri," ujar Timothy.

Baca juga: Bank Mandiri optimistis transformasi digital bantu capai target kredit
Baca juga: Dirut Mandiri yakin kecepatan digitalisasi layanan akan jadi pembeda
Baca juga: Bank Mandiri miliki 86.448 agen per Agustus 2021, layanan makin meluas

 

Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar