MPR: Pemerintah intensif lobi Arab Saudi terkait ibadah haji-umroh

id MPR RI,Bamsoet,Ibadah haji,Umroh,Arab Saudi

MPR: Pemerintah intensif lobi Arab Saudi terkait ibadah haji-umroh

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama segera melakukan pendekatan dengan berkunjung ke Arab Saudi agar lebih intensif melobi pemerintah Arab Saudi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

"Penurunan kasus COVID-19 di Indonesia dapat menjadi momentum tepat untuk meyakinkan dan menunjukkan fakta yang baik bahwa Indonesia bersungguh-sungguh dalam mengupayakan penanggulangan kasus serta pengendalian pandemi," kata Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan hal itu terkait dengan pemerintah Arab Saudi belum memberikan izin untuk penyelenggaraan umrah bagi jemaah Indonesia meskipun situasi pandemi di Indonesia sudah membaik.

Bamsoet meminta pemerintah mulai mempersiapkan skema khusus bagi calon jemaah umrah yang disesuaikan dengan ketentuan dan persyaratan yang dikeluarkan Arab Saudi.

"Hal itu terutama pedoman khusus terkait dengan penyelenggaraan umrah pada masa pandemi COVID-19 serta skema khusus vaksinasi COVID-19 bagi calon jemaah," ujarnya.

Ia juga meminta komitmen pemerintah Indonesia untuk terus mengupayakan diplomasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk meyakinkan otoritas Arab Saudi bahwa Indonesia sudah siap dan mampu menyelenggarakan ibadah haji ataupun umrah.

Selain itu, menurut dia, upaya tersebut juga untuk menunjukkan keseriusan dan kemampuan Indonesia dalam menanggulangi dan mengatasi pandemi COVID-19.

Baca juga: Menteri Agama akan ke Arab Saudi bahas kepastian haji 2022

Baca juga: Tempat isolasi pasien COVID-19 di Asrama Haji Donohudan tanpa penghuni


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar