Sleman (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan lapangan di Desa Wisata Sambirejo atau Tebing Breksi di Kapanewon (Kecamatan) Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga Uno menyampaikan bahwa berkembangnya Desa Wisata Sambirejo (Tebing Breksi) diharapkan dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat.

"Setiap melakukan kunjungan, kami terus melakukan pemetaan bukan hanya potensi tapi juga peluang-peluang dan juga tantangan yang ada di tempat wisata," katanya.

Baca juga: Sandiaga sebut Biennale Jogja untuk tampilkan budaya Indonesia

Desa wisata Sambirejo menjadi lokasi yang dikunjungi Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Tim Juri Anugerah Desa Wisata (ADWI) dikarenakan Dewi Sambirejo yang terletak di Kapanewon Prambanan merupakan salah satu Desa Wisata yang terdaftar serta mengikuti sejumlah tahapan seleksi sehingga masuk dalam 50 besar Desa Wisata terbaik ADWI tahun 2021.

Menarekraf Sandiaga Salahudin Uno yang didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa juga melakukan tinjauan awal di loket akses masuk wisata Tebing Breksi dengan mengakses aplikasi PeduliLindungi untuk proses screening bagi wisatawan.

Selain itu, tinjauan juga dilanjutkan Sandiaga Uno beserta rombongan dengan menyusuri beberapa spot yang berada di wisata Tebing Breksi dengan menggunakan kendaraan jip wisata Tebing breksi menuju Balkondes Sambirejo untuk mendengarkan paparan mengenai sepak terjang Desa Wisata Sambirejo.

Di samping itu, dalam kesempatan tersebut Sandiaga Uno meninjau sejumlah produk UMKM yang dijajakan di wilayah Tebing Breksi.

Baca juga: Menparekraf sambut baik pagelaran busana di Candi Prambanan

Sandiaga Uno menilai kolaborasi antara Desa Wisata yang inovatif dan UMKM bisa menjadikan Tebing Breksi tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik tapi juga wisatwan mancanegara.

Usai meninjau sejumlah lokasi, Sandiaga Uno juga mencanangkan Desa Wisata Sambirejo sebagai 50 besar besar Desa Wisata terbaik ADWI tahun 2021 yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan piagam kepada Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan pemberian internet gratis selama satu tahun kepada pengelola tebing Breksi.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan bahwa dicanangkannya Desa Wisata Sambirejo sebagai 50 besar besar Desa Wisata terbaik ADWI tahun 2021 menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Sleman terebih dapat dikunjungi secara langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Tim Juri Anugerah Desa Wisata (ADWI).

"Prestasi yang dicapai ini secara otomatis menjadi motivasi untuk meningkatkan setiap objek wisata yang ada di Sleman, kami berharap tidak hanya sebagai 50 besar, tetapi menjadi 10 besar," katanya.
Menparekraf Sandiaga Uno juga mencanangkan Desa Wisata Sambirejo sebagai 50 besar besar Desa Wisata terbaik ADWI tahun 2021 yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan piagam kepada Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021