Kalsel jaga momentum turunnya kasus COVID-19 dengan akselerasi vaksin

id Polda kalsel, pemprov kalsel, dinkes kalsel, vaksinasi bergerak

Kalsel jaga momentum turunnya kasus COVID-19 dengan akselerasi vaksin

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muhamad Muslim di acara vaksinasi bergerak di Kabupaten Kotabaru. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Kalimantan Selatan (Kalsel) kini berusaha menjaga momentum penurunan kasus COVID-19 dengan akselerasi vaksinasi yang semakin gencar dilaksanakan.

"Kasus COVID-19 terus turun, kini kita fokus percepatan vaksinasi menyasar semua orang untuk divaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muhamad Muslim di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, tidak ada lagi lonjakan kasus di rumah sakit maupun isolasi mandiri sehingga tingkat hunian tempat tidur bagi pasien COVID-19 menurun tajam. Bahkan, ada beberapa rumah sakit tanpa pasien COVID-19.

Oleh karena itu, penanganan pasien yang lebih longgar kini dapat dialihkan fokus tenaga kesehatan untuk membantu pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan hampir setiap hari.

Baca juga: Kalsel genjot vaksinasi pelajar dukung PTM

Baca juga: Gubernur Kalsel dorong percepatan pelaksanaan vaksinasi


"Kita butuh banyak tenaga untuk tim vaksinasi. Alhamdulillah para relawan banyak membantu seperti mahasiswa dari perguruan tinggi dan sebagainya," tutur Muslim.
Seorang pelajar saat mengikuti vaksinasi bergerak di Kabupaten Kotabaru. (ANTARA/Firman)


Saat ini Pemprov Kalsel melaksanakan serbuan vaksinasi bergerak dengan menyasar sejumlah wilayah kabupaten dengan target 1.000 dosis perhari.

Muslim mengimbau masyarakat yang belum divaksinasi untuk segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi termasuk ke Puskesmas setempat agar target lebih dari tiga juta jiwa penduduk Kalsel hingga akhir tahun ini dapat tercapai.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kalsel pada hari ini tersisa 392 pasien dalam perawatan dengan kasus harian terkonfirmasi positif bertambah 39 orang dan pasien sembuh 36 orang. Adapun yang dilaporkan meninggal hari ini satu orang.*

Baca juga: Ribuan santri di Kabupaten HSS Kalsel antusias ikuti vaksinasi

Baca juga: Sebanyak 2.000 warga Kalsel daftar serbuan vaksin Nawahasta Akabri 98

Pewarta : Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar