Jayapura (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali turut mempromosikan penggunaan kode digital transaksi keuangan (QRIS) di Pasar Mama-Mama, Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Kunjungan Zainudin ke Pasar Mama-Mama itu guna mendorong kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dari 2 sampai 15 Oktober, terutama sukses dampak ekonomi.

Selain promosi penggunaan QRIS, Zainudin dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Omah Laduani Ladamay turut membeli produk-produk olahan hasil Mama-Mama Papua yang telah diolah secara modern.

Mereka membeli produk itu dengan cara lelang mulai dari harga Rp1 juta hingga Rp1,7 juta sebagai bentuk apresiasi terhadap karya asli Papua.

Baca juga: Atlet DKI, Jatim dan Kaltim memimpin hari pertama layar putri

"Hal ini menunjukkan sukses yang keempat yang kita harapkan yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggarqan,sukses administrasi, dan sukses ekonomi masyarakat," kata Zainudin.

Sukses ekonomi, lanjut dia, juga berwujud pertambahan perputaran uang di Provinsi Papua yang akan dihitung secara rinci oleh Perwakilan Bank Indonesia di Papua.

"Sebelumnya, Papua berada di peringkat bawah dalam olahraga prestasi nasional. Saat ini kita lihat, Papua ada di tingkat atas prestasi olahraga nasional. Begitu pula nanti dampaknya pada ekonomi masyarakat Papua," kata Zainudin.

Selain mengunjungi Pasar Mama-Mama Papua, Menpora juga mengunjungi Festival PON Kopi Papua dan UMKM Kota Jayapura yang berlangsung di Terminal Mesran.

Baca juga: Crosser DKI Jakarta Delvintor rebut emas motorcross 250cc PON Papua

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021