Samarinda (ANTARA) - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) diharapkan dapat membangkitkan aktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi.

"Mereka (UMKM) merupakan penggerak ekonomi. Kita ajak agar mereka bangkit di masa pandemi karena mereka menjadi tulang punggung dari ekonomi kita," ujar Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria di sela peresmian Gernas BBI di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa.

Ia menambahkan Gernas BBI yang juga berbarengan dengan pameran UMKM Pertamina SMEXPO 2021 itu juga diharapkan dapat membuat produk UMKM binaan Pertamina menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

Ia mengemukakan, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan virtual exhibition dan marketplace yang ditujukan untuk lebih mengembangkan UMKM mitra binaan Pertamina.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2021 juga meningkatkan keterampilan mitra binaan agar bisa Go Global.

"Jadi ini sebuah market place UMKM untuk menjual barangnya di masyarakat luas berbasis digital," papar Susanto August Satria.

Ia mengajak semua UMKM untuk bergabung menjadi binaan Pertamina agar dapat naik kelas.

"Kami mengajak UMKM untuk bergabung agar dapat memasarkan dagangannya lebih luas, kemudian cara menjualnya, tentunya berbasis pada digital supaya naik kelas," katanya.

Salah satu UMKM yang menggeluti bisnis daur ulang sampah dari Kalimantan Timur, Safina Quilt merasakan dampaknya setelah menjadi mitra binaan Pertamina.

Lily Handayani selaku pendiri Safina Quilt mengaku, pelatihan dan pembinaan strategi pemasaran oleh Pertamina membuat usahanya tetap bertahan di tengah pandemi.

"Produk kami kan bukan barang pokok, pandemi sangat terasa dampaknya. Namun Pertamina membantu kami lewat pelatihan-pelatihan, seperti digital sehingga produk kami tetap terserap meski turun karena pandemi," kata Lily.

Ia berharap, para UMKM di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur dapat menjadi binaan Pertamina sehingga dapat bertahan dan berkembang di tengah pandemi.

Baca juga: Pertamina SMEXPO 2021 dibuka, bareng peluncuran Gernas BBI Kaltim

Baca juga: Mendes PDTT optimistis Gernas BBI bangkitkan ekonomi desa

Baca juga: Gubernur Isran Noor: Kaltim bangga jadi tuan rumah Gernas BBI

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021