Jakarta (ANTARA) - Institut Teknologi PLN membuka sejumlah program studi baru untuk jenjang sarjana melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No 391/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pada Institut Teknologi PLN.

“Hal ini merupakan sebuah tonggak baru setelah transformasi dari sebelumnya Sekolah Tinggi Teknik PLN menjadi Institut Teknologi PLN pada Januari 2020 yang lalu,” ujar Rektor Institut Teknologi PLN Prof Dr Ir Iwa Garniwa MK, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Program studi baru yang dibuka di Institut Teknologi PLN adalah prodi S1 Kewirausahaan dan prodi S1 Teknik Industri di Fakultas Teknik dan Bisnis Energi dan prodi S1 Sistem Informasi di Fakultas Telematika Energi. Sehingga total prodi saat ini yang ada di ITPLN ada 10.

Dia menambahkan pihaknya berencana untuk menambah kampus baru sehingga nantinya akan ada kampus selain yang ada di Cengkareng dan juga Lebak Bulus. Rencana pembukaan prodi baru itu pertama kali disampaikan oleh Prof Iwa dalam sambutannya pada wisuda ke-37 yang lalu.

"Hal ini guna mempersiapkan kebutuhan pada era Revolusi Industri 4.0, untuk penambahan kompetensi diri, dan agar mampu untuk beradaptasi dalam hal pembelajaran dengan bantuan teknologi, serta diharapkan agar mampu memberikan kontribusi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat." ujar dia.

Kepala LLDikti III Prof Dr Agus Setyo Budi meminta perguruan tinggi untuk tidak segan berkomunikasi dengan LLDikti III terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di kampus masing-masing.

“Mohon untuk tidak segan-segan berkomunikasi dengan LLDikti terkait pelaksanaan pembelajaran di kampus,” kata Agus.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021