Jakarta (ANTARA News) - Pebisnis wanita menyumbang lebih dari 70 persen ekonomi dunia dan 93 persen  Produk Domestik Bruto atau GDP, demikian laporan The Global Entrepreneurship Monitor (GEM) tahun 2007.

"Wanita dapat menjadi wirausahawati yang sukses dengan mulai mencari peluang dari lingkungan terdekat di sekitar rumah. Cari masalah yang ada dan jadikan itu sebagai peluang untuk berbisnis," kata Founder dan OCC PT iCOACH Illuminasi, Tom MC Ifle, di Jakarta, Kamis.

Dalam seminar yang diadakan Ikatan Keluarga Karyawan ANTARA (IKKA), Tom menjelaskan, menjadi seorang wirausaha haruslah dimulai dari bawah, karena tidak ada jalan pintas untuk menjadi sukses.

Cara utama untuk memulai bisnis adalah menciptakan sebanyak-banyaknya ide brilian yang muncul dari lingkungan sekitar, lalu menjadikannya sebagai peluang bisnis.

Sekitar 100 jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah dapat menjadi peluang bisnis wanita untuk berwirausaha. Kendalanya adalah calon wirausaha biasa menghadapi masalah modal usaha, investasi, dan tenaga kerja.

Dia mengatakan, pemerintah dan lembaga masyarakat turut memberikan wadah kepada para calon pengusaha demi pengembangan dunia bisnis di Indonesia.

Tom lebih lanjut mengatakan bahwa 80 persen bisnis kecil gagal sebelum menginjak tahun kelima, karena wirausahawan sering melakukan kesalahan fatal yang mendasar, menunda kesempatan, tidak tahu aturan, dan ingin cepat sukses.(*)

M-NLM/A025

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011