Fajar/Rian takluk oleh pasangan Taiwan peraih emas Olimpiade Tokyo

id fajar rian,muhammad rian ardianto,piala thomas,bulu tangkis,badminton

Fajar/Rian takluk oleh pasangan Taiwan peraih emas Olimpiade Tokyo

Piala Thomas dan Piala Uber. ANTARA/ddn (.)

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto rupanya harus mengakui kehebatan pasangan Taiwan peraih medali emas Olimpiade Tokyo beberapa waktu lalu, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Pada laga penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu siang WIB, Fajar/Rian dibuat takluk dalam tiga gim dengan skor 26-28, 21-16, 14-21 dengan durasi 62 menit.

Dari segi peringkat, Lee/Wang memang lebih diunggulkan karena saat ini mereka menempati peringkat 3 BWF, sementara Fajar/Rian di rangking ke-7. Akan tetapi, dari total tiga pertemuan mereka sebelumnya, Fajar/Rian belum pernah sekalipun kalah dari Lee/Wang.

Pada gim pertama Piala Thomas, Fajar/Rian harus bersaing ketat dengan Lee/Wang. Mereka sama-sama bermain cepat untuk saling menjebol pertahanan satu sama lain dan mencuri angka.

Baca juga: Ginting buka keunggulan Indonesia 1-0 atas Taiwan di Piala Thomas

Laga sengit itu berlangsung cukup lama. Pasalnya, kedua pasangan menyentuh match point 20-20, dan setelah itu mereka saling jual beli serangan. Sayangnya, Fajar/Rian membuat beberapa kesalahan sendiri di poin-poin kritis. Mereka pun kehilangan gim pertama 26-28.

Persaingan ketat masih terjadi di gim kedua. Sama seperti gim pertama, kedua pasangan itu masih saling mengungguli sepanjang permainan.

Namun setelah imbang 14-14, Fajar/Rian meningkatkan tempo permainan. Mereka bergerak lebih gesit untuk mengembalikan bola dan menghasilkan poin. Mereka juga tidak banyak melakukan kesalahan. Dengan begitu, Fajar/Rian mampu merebut gim kedua dengan skor 21-16.

Kondisi berbalik secara signifikan bagi Fajar/Rian di gim ketiga. Kali ini, permainan mereka benar-benar tidak bisa berkembang. Mereka terus ditekan oleh lawan dan tertinggal jauh hingga 10-17. Sementara Lee/Wang semakin kompak.

Baca juga: Indonesia siapkan strategi tepat hadapi Taiwan di Piala Thomas

Fajar/Rian tak mengubah strategi permainan mereka untuk keluar dari tekanan tersebut. Alhasil, mereka kembali menelan kekalahan 14-21.

Dengan hasil tersebut, maka saat ini kedudukan sementara Indonesia imbang 1-1 dengan tim Taiwan.

Sebelumnya pada partai pembuka, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyumbang angka kemenangan pertama setelah menundukkan Chou Tien Chen dalam dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-16.

Setelah Fajar/Rian, masih ada tiga wakil Garuda yang akan memainkan laga penyisihan kontra Taiwan, yakni tunggal putra Jonatan Christie yang akan bertarung melawan Wang tzu Wei.

Kemudian, ganda putra teranyar Mohammad Ahsan/Daniel Marthin berhadapan dengan Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Di partai terakhir, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito akan menantang Chi Yu Jen.

Baca juga: Percaya diri kunci Shesar menangi laga kontra pemain Thailand


Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar