Kami tidak hanya mendukung, tetapi juga mendorong tumbuhnya kawasan Industri berstatus KEK ke seluruh penjuru Indonesia
Gresik, Jatim (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyambut baik penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, karena akan memberikan efek berganda terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar.

"Kami tidak hanya mendukung, tetapi juga mendorong tumbuhnya kawasan Industri berstatus KEK ke seluruh penjuru Indonesia. Tujuannya, supaya terjadi percepatan penyebaran dan pemerataan industri nasional,” kata Ketua DPR RI LaNyalla di sela masa reses di Jawa Timur, Rabu.

KEK Gresik merupakan salah satu dari 4 KEK tambahan yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2021. KEK ini meliputi industri metal (Smelter), elektronik, kimia, energi dan logistik.

"KEK Gresik diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang berkontribusi bagi indeks pertumbuhan ekonomi nasional. Harapan lainnya mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, sebagai solusi dampak pandemi," kata Ketua DPD LaNyalla yang pernah menjabat Ketua Kadin Jawa Timur ini.

Baca juga: Presiden berharap kehadiran Freeport dongkrak daya tarik KEK Gresik

KEK Gresik memiliki total luas lahan sebesar 2.167 hektare dengan target nilai investasi dalam 5 tahun pertama sebesar Rp71 triliun.

Ketua DPD LaNyalla mengingatkan angka fantastis itu harus dimanfaatkan untuk kemajuan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan.

"Pemerintah harus mengawal serapan tenaga kerja lokal dengan baik. Libatkan juga dalam sektor-sektor pendukung lainnya. Jangan sampai mereka menjadi penonton di wilayahnya sendiri tanpa mampu berperan secara langsung," lanjutnya.

LaNyalla juga berharap pemerintah meningkatkan efektivitas pengelolaan KEK di Indonesia, seperti kebijakan fiskal yang kondusif untuk dunia investasi, juga adanya konektivitas dengan membangun akses-akses infrastruktur di KEK dan wilayah sekitar.

"Tak boleh dilupakan juga perlunya dibangun ketersediaan sumber daya manusia di setiap wilayah di mana KEK berada," kata Ketua DPD LaNyalla Mattalitti.

Baca juga: Menko Airlangga : 15 KEK yang beroperasi serap 23 ribu tenaga kerja

Baca juga: Presiden sebut Smelter Freeport di Gresik buka 40.000 lapangan kerja

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021