Indonesia berpotensi kehilangan 135 miliar dolar AS dalam PDB tahunan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan terwujudnya kesetaraan gender akan dapat meningkatkan pendapatan domestik bruto atau PDB global sekitar 26 persen.

"Dan sebaliknya, kegagalan dalam mewujudkan kesetaraan gender dalam enam tahun ke depan akan menyebabkan Indonesia berpotensi kehilangan 135 miliar dolar AS dalam PDB tahunan," kata Muhadjir pada acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang disiarkan secara daring di Jakarta, Rabu.

Dengan demikian, maka peningkatan kesetaraan gender berkaitan erat dengan percepatan pembangunan. Untuk itu diperlukan peran pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan yang berkeadilan, merata bagi perempuan maupun laki-laki dengan mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Pihaknya memberikan apresiasi kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta jajaran atas terselenggaranya acara Penyerahan Penghargaan APE 2020.

Baca juga: KPPPA berikan Anugerah Parahita Ekapraya untuk 13 kementerian/lembaga

Baca juga: Pemerintah Provinsi Aceh meraih Anugerah Parahita Ekapraya 2021


"Saya mengucapkan selamat kepada Kementerian/ Lembaga dan Pemda yang telah mendapatkan penghargaan APE tahun 2020, baik untuk kategori Mentor, Utama, Madya maupun Pratama. Saya meminta kepada para pimpinan K/L dan kepala daerah agar betul-betul menerapkan PUG di dalam proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan masing-masing. Mari bahu-membahu bergandengan tangan meningkatkan pembangunan yang responsif gender," kata Menko Muhadjir.

Pada Rabu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kepada 13 kementerian/ lembaga, 29 provinsi dan 266 kabupaten/ kota sebagai bentuk penghargaan atas upaya yang telah dilakukan kementerian/ lembaga maupun pemda dalam melaksanakan strategi pengarusutamaan gender di instansi/ wilayah mereka.

Acara pemberian penghargaan APE Tahun 2020 ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan The 4th ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca juga: Sleman raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kementerian PPPA

Baca juga: Gorontalo raih anugerah Prahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021