Jakarta (ANTARA) - Platform e-dagang Tokopedia mengatakan kategori makanan dan minuman (F&B) masih menjadi favorit para penggunanya di Indonesia pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2021.

"Kategori Bumbu dan Bahan Masakan, Makanan Ringan, Produk Susu, Minuman hingga Makanan Beku menjadi beberapa kategori Makanan dan Minuman favorit di Tokopedia selama Kuartal 3 tahun 2021," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, melalui keterangannya, Kamis.

Ekhel melanjutkan, tren ini tidak lepas dari berbagai inisiatif dan kampanye Tokopedia di kategori tersebut.

Baca juga: Tokocrypto umumkan kemitraan strategis dengan Bekind

"Sederet inisiatif seperti Tokopedia Nyam dan berbagai kampanye lainnya turut mendorong adanya peningkatan transaksi pada kategori Makanan dan Minuman menjadi dua kali lipat pada kuartal 3 tahun 2021, jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya," kata dia.

Tokopedia juga terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini mitra logistik untuk menjangkau pengiriman ke berbagai wilayah. Misalnya Paxel, yang menawarkan sistem pengiriman khusus untuk memastikan produk makanan dan minuman dapat diterima dengan aman, cepat dan terjangkau.

Saat ini, Paxel sudah dapat diaktifkan oleh seluruh penjual Tokopedia yang berada di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Jember, Denpasar dan Makassar.

Di sisi lain, masyarakat juga bisa menggunakan kode MAKANHEMAT untuk mendapatkan cashback ketika membeli voucher makan di kategori produk digital Tokopedia hingga 31 Oktober 2021.

"Tokopedia akan terus mengupayakan produk buatan UMKM lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, tidak terkecuali untuk produk makanan dan minuman," kata Ekhel.

"Dengan mengonsumsi atau memakai produk dalam negeri kita bisa bangkit bersama memulihkan perekonomian nasional yang saat ini terdampak pandemi," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Tokopedia x Dekranas Luncurkan "Festival Fashion Lokal Jabar"

Baca juga: PB PON Papua apresiasi Tokopedia sebagai mitra e-commerce

Baca juga: Tokopedia mitra resmi PON XX Papua

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021