Presiden Jokowi resmikan holding Pelindo dan Terminal Wae Kelambu

id presiden jokowi,penggabungan pelindo,holding bumn pelabuhan,terminal wae kelambu,labuan bajo ,ntt

Presiden Jokowi resmikan holding Pelindo dan Terminal Wae Kelambu

Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis, (14/10/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Laily Rachev/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggabungan Pelindo I, II, III, dan IV serta Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Bajo, di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis.

Presiden Jokowi berharap penggabungan Pelindo akan menjadi sebuah kekuatan besar dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu yang diresmikan dapat bermanfaat dalam jangka waktu lama.

"Alhamdulillah sudah terjadi (holding/penggabungan) Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV menjadi PT Pelindo atau PT Pelabuhan Indonesia," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya sebagaimana disaksikan secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis.

Presiden Jokowi mengatakan sejak 7 tahun lalu dirinya sudah memerintahkan agar Menteri BUMN menginstruksikan ke seluruh Direktur Utama Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV untuk segera menggabungkan Pelindo dalam satu holding atau perusahaan induk.

Baca juga: Integrasi pengelolaan pelabuhan upaya tingkatkan daya saing Indonesia

Dia bersyukur saat ini Pelindo sudah menjadi satu kesatuan.

"Ini akan menjadi sebuah kekuatan besar," ujar Presiden Jokowi. 

Sementara itu terkait Terminal Wae Multipurpose Kelambu, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar terminal tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu lama hingga 15-20 tahun yang akan datang.

Presiden juga mengapresiasi cepatnya pembangunan Terminal Wae Kelambu yang dilakukan sejak Agustus 2020.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim, siang hari ini saya resmikan pengabungan Pelindo I, II, III dan IV menjadi PT Pelindo, dan kita resmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Bajo," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Sebelum diresmikan besok, Menhub cek pelabuhan logistik pertama NTT
 

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar