Jasa Raharja Madiun beri pelatihan penanganan darurat korban laka

id PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun,jasa raharja Madiun,PT jasa Raharja,pelatihan penanganan korban kecelakaan,kecelakaan lalu lintas,lalu lintas

Jasa Raharja Madiun beri pelatihan penanganan darurat korban laka

Kegiatan pelatihan penanganan kegawatdaruratan korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terhadap sejumlah komunitas masyarakat di daerah rawan kecelakaan yang digelar PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun di Sun Hotel Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021). ANTARA/HO-Jasa Raharja Perwakilan Madiun/am.

Madiun (ANTARA) - PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun menyelenggarakan pelatihan tentang penanganan kegawatdaruratan korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terhadap sejumlah komunitas masyarakat di daerah setempat yang dinilai rawan terjadi kecelakaan.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun Adhitya Angga Dewa mengatakan pelatihan penanganan korban kecelakaan tersebut bertujuan untuk menekan tingkat fatalitas cedera pada korban kecelakaan.

"Harapan kami, dengan terselenggaranya acara ini dapat memberikan informasi dan ilmu kepada masyarakat serta relawan yang berada di wilayah rawan kecelakaan lalu lintas. Sehingga dapat digunakan untuk menolong korban kecelakaan lalu lintas agar semakin banyak korban yang nyawanya tertolong," ujar Adhitya Angga Dewa di sela kegiatan pelatihan di Sun Hotel Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis.

Baca juga: Jasa Marga perbaiki area rehat Tol Jakarta-Cikampek

Adapun, pelatihan tersebut dilaksanakan serentak di lima kota/kabupaten di wilayah Jawa Timur. Yaitu Surabaya, Malang, Kediri, Madiun, dan Probolinggo dengan jumlah peserta 65 orang.

Narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Suyono, dan Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun Adhitya Angga Dewa.

Sejumlah materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut antara lain, cara melepas helm korban kecelakaan, cara memindahkan posisi korban, mengobati luka ringan, membuka jalan pernapasan, dan memberikan bantuan pernapasan.

Selain memberikan pelatihan, Jasa Raharja Madiun juga memberikan bantuan alat keselamatan berupa helm, rompi, dan "traffic cone" serta alat kesehatan sebagai bentuk dukungan fasilitas kesehatan bagi komunitas yang telah memberikan pelayanan bagi korban kecelakaan.

Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan melakukan tes antigen kepada seluruh peserta dan panitia.

Baca juga: Jasa Marga perbaiki SS Karawang-KM 35 Tol Japek
Baca juga: Jasa Marga perbaiki area rehat Tol Jakarta-Cikampek Km 62

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar