Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar forum bisnis bertajuk "Investasi dan Pengembangan Multiusaha Kehutanan di Indonesia” dan “Potensi dan Peluang Investasi dalam Perdagangan Produk Kehutanan” pada 11 Oktober lalu dalam acara Expo 2020 Dubai.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Wiratno dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, menjelaskan forum bisnis tersebut merupakan wadah yang strategis untuk mengenalkan potensi Indonesia dan meningkatkan ekspor produk hasil hutan.

“Dalam kesempatan ini kami juga mengenalkan keindahan wisata alam Indonesia, kami harapkan dengan mengenalkan ekowisata seperti di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jambi, dan banyak tempat lainnya akan membantu menarik investasi masuk ke Indonesia,” kata Wiratno.

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari KLHK Agus Justianto menyampaikan pelaksanaan forum bisnis ini diharapkan dapat membuka peluang dan meningkatkan pemasaran produk dari multiusaha kehutanan ke pasar Timur Tengah dan pasar tradisional lainnya.

Baca juga: Produk hasil hutan unggulan RI tampil di Expo 2020 Dubai

“Kami begitu bersemangat karena acara ini dihadiri oleh banyak pelaku usaha asal Uni Emirat Arab dan kami berkesempatan untuk menceritakan kekayaan hutan Indonesia serta potensi luar biasa yang kita miliki dari sektor perdagangan,” ujar Agus Justianto.

Dikatakan Agus, promosi produk industri kehutanan menargetkan kenaikan ekspor sebesar dua persen dari nilai ekspor tahun ini, dengan sekitar 0,22 miliar dolar AS penambahan.

Dalam kegiatan bisnis forum, KLHK juga memperkenalkan 12 jenis kayu tropis Indonesia siap ekspor seperti benuang, bintangur, duabanga, jabon, matoa, nyatoh, nyawai, resak, samama, sindur, gerogong, dan Medang. Pada saat itu 12 jenis kayu siap ekspor dan juga berbagai produk UMKM dari hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu, ditampilkan kepada pengunjung Expo 2020 Dubai di Paviliun Indonesia.

Baca juga: KLHK bawa potensi bisnis hasil hutan Indonesia di Expo 2020 Dubai

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021