Jakarta (ANTARA) - Ganda putri nomor satu Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu membawa Tim Piala Uber Indonesia menyamakan kedudukan 1-1 melawan Thailand pada perempat final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat dini hari WIB.

Ganda putri peringkat enam dunia tersebut meraih kemenangan 21-17, 17-21, 21-19 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai yang menempati peringkat delapan dunia dalam durasi lebiih dari satu setengah jam.

Ganda Thailand langsung tancap gas untuk memimpin 6-1, namun ketika pasangan Indonesia mulai menemukan permainannya, mereka memperpendek jarak hingga 7-8.

Setelah menyamakan kedudukan 9-9, Greysia/Apriyani balik memimpin ketika lawannya mulai kesulitan menghadapi serangan pasangan emas Olimpiade itu.

Sejak itu ganda putri Indonesia tersebut memimpin gim pertama hingga menyelesaikannya dengan kemenangan 21-17 dalam 26 menit.

Pada gim kedua Greysia/Apriyani berusaha terus memimpin sekalipun serangan-serangan gencar lawannya sempat menyulitkan dan berhasil menyamakan kedudukan hingga 6-6. Namun setelah itu mereka kembali melaju hingga interval 11-7.

Sempat tertinggal 11-15, ganda Thailand berhasil menyamakan kedudukan 15-15 dengan permainan mereka yang lebih agresif.

Serangan gencar pasangan Thailand cukup menyulitkan Greysia/Apriyani yang akhirnya menyerah 17-21 pada gim kedua.

Gim ketiga berlangsung ketat dengan kedua pasangan menjaga poin tidak terpaut jauh. Namun setelah memimpin 11-6 pada interval, Greysia/Apriyani melaju meninggalkan lawannya hingga 14-10 namun pasangan Thailand mampu mengejar 15-15.

Setelah saling menyamakan kedudukan hingga 19-19, pasangan Indonesia lah yang merebut dua poin terakhir untuk menang 21-19 dalam waktu satu jam 32 menit.

Sebelumnya tunggal putri peringkat 21 dunia Gregoria Mariska Tunjung gagal menyumbang angka setelah dikalahkan pemain nomor 10 dunia Pornpawee Chochuwong dalam drama tiga gim 21-14, 10-21, 10-21.

Pada partai ketiga pemain tunggal putri Putri Kusuma Wardani akan tampil menghadapi peringkat 13 dunia Busanan Ongbamrungphan.

Pemenang pertemuan Indonesia-Thailand akan melawan China pada semifinal setelah tim juara bertahan itu mengalahkan Taiwan 3-0.

Semifinal lainnya akan mempertemukan Jepang dan Korea Selatan setelah Jepang mengalahkan India 3-0 dan Korea menyisihkan tuan rumah Denmark 3-0.

Baca juga: Gregoria gagal sumbang angka, Indonesia tertinggal 0-1
Baca juga: Gregoria akui bermain buruk pada gim kedua dan ketiga
Baca juga: Greysia/Apriyani kembali diturunkan hadapi Thailand di perempat-final

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021