Wapres apresiasi kerukunan umat di Papua Barat terus terawat

id Kerukunan umat beragama, Papua Barat, Silaturahmi, Wapres, Tokoh Agama, MUI

Wapres apresiasi kerukunan umat di Papua Barat terus terawat

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersilaturahmi dengan pemuka ormas Islam di Provinsi Papua Barat bertempat di kantor MUI Papua Barat di Manokwari, sebelum bertolak menuju Jayapura Papua, Jumat (15/10/2021). ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA.

Manokwari (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin  dalam silaturahim dengan pimpinan ormas Islam dan tokoh agama di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat sebelum bertolak ke Jayapura, Jumat siang memberikan apresiasi kerukunan antarumat beragama yang terus terawat di provinsi tersebut.

Selain itu, Wapres menyampaikan, agar kerukunan yang ada tetap dipertahankan bersama seluruh masyarakat dengan pemerintah, Sebab, kedua hal tersebut merupakan unsur utama terciptanya kerukunan nasional.

“Kita ingin menjaga republik ini dengan tetap menjaga kerukunan antaragama, antarumat dengan pemerintah karena kerukunan agama, kerukunan rakyat merupakan unsur utama dalam kerukunan nasional," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres menginginkan Papua Barat dan Papua lebih maju

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, salah satu cara yang harus diimplementasikan dalam mewujudkan cita-cita tersebut adalah dengan menyampaikan ajaran agama atau menyampaikan pesan dari dan kepada masyarakat dengan cara yang santun.

Karena, santun merupakan ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan dengan kesantunan tersebut maka narasi kerukunan dapat terbentuk dengan baik.

“Oleh karena itu, saya minta di dalam menjalankan dakwah kita, supaya tetap menggunakan cara-cara yang baik dengan kalimat yang santun,” imbau Wapres.

Menutup pertemuan, Wapres pun memberikan apresiasinya kepada Gubernur Papua Barat beserta jajaran yang telah menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan terciptanya kerukunan antarumat beragama serta kerukunan antarmasyarakat dengan pemerintah.

Komitmen tersebut beberapa di antaranya dapat terlihat dari pembangunan masjid dan lembaga pendidikan.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pak Gubernur Dominggus Mandacan yang sudah menjaga hubungan antara Islam, Kristen dan agama-agama yang lain di daerah ini” tutup Wapres. *

Baca juga: Wakil Presiden tutup PON XX Papua di Jayapura
Baca juga: Wapres apresiasi kebun dan ketahanan pangan Kodam Kasuari Papua Barat
Baca juga: Wakil Presiden olahraga bersama Forkopimda Papua Barat

Pewarta : Hans Arnold Kapisa
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar