Bisakah S Pen lama dipakai di Galaxy Z Fold 3?

id s pen,galaxy z fold 3,samsung,s pen fold edition,s pen pro

Bisakah S Pen lama dipakai di Galaxy Z Fold 3?

Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan S Pen Fold Edition. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Samsung beberapa waktu lalu meluncurkan ponsel Galaxy Z Fold 3, yang mendukung penggunaan stylus S Pen.

Stylus S Pen biasanya ditemukan pada seri Galaxy Note dan tablet Galaxy Tab. Setelah kemunculan Galaxy Z Fold 3, penggunaan S Pen kini tidak lagi terbatas pada dua ponsel tersebut.

Manajer Pemasaran Produk, Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan, mengingatkan hanya S Pen Pro dan S Pen Fold Edition yang bisa digunakan pada Galaxy Z Fold 3.

"S Pen yang bisa, hanya Fold Edition dan Pro," kata Taufiq saat acara diskusi bersama wartawan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Cara memindahkan histori WhatsApp dari iPhone ke Galaxy Z Fold 3

Baca juga: Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 resmi hadir di Indonesia, mulai Rp15 juta


Kedua S Pen itu menggunakan desain yang berbeda dengan S Pen model lama yang ditemukan di seri Galaxy Note, terutama pada bagian ujung (tip) pena).

Ujung stylus S Pen Fold Edition dan Pro dilengkapi dengan per supaya tidak terlalu keras menekan layar ponsel. Layar Galaxy Z Fold 3, menurut Taufiq, tidak sekeras layar kaca di ponsel Samsung lainnya.

S Pen edisi lama tidak memiliki per di bagian ujung, jika digunakan pada ponsel lipat ini, ia bisa menggores atau merusak layar. S Pen saat ini dijual terpisah dari Galaxy Z Fold 3, konsumen bisa memilih menggunakan ponsel dengan atau tanpa stylus.

Jika hanya ingin menggunakan stylus untuk ponsel lipat ini, pengguna bisa menggunakan S Pen Fold Edition yang hanya bisa digunakan pada Galaxy Z Fold 3.

Gawai ini tidak menggunakan sambungan Bluetooth dan tidak perlu isi ulang daya. Sementara itu, S Pen Pro bisa digunakan pada ponsel maupun tablet Samsung lainnya, seperti Galaxy S21 Ultra. S Pen Pro memiliki fitur isi ulang daya dengan USB Type-C.

Baca juga: Galaxy Note absen tahun ini, dukungan perangkat lunak tetap berjalan

Baca juga: Samsung konfirmasi tidak ada Galaxy Note tahun ini

Baca juga: OnePlus ikuti jejak Samsung buat ponsel berlayar "foldable"

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar