Batam nihil tambahan kasus positif COVID-19 pada Jumat

id kasus covid-19 di batam, wali kota batam, muhammad rudi, kepala dinas kominfo batam, azril apriansyah, vaksinasi covid-19 di batam,perkembangan terkin

Batam nihil tambahan kasus positif COVID-19 pada Jumat

Sosialisasi protokol kesehatan di Kota Batam Kepulauan Riau. ANTARA/Naim/am.

Batam (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat nol tambahan kasus positif COVID-19 di daerah setempat pada Jumat.

Data yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Batam Azril Apriansyah di Batam, Jumat, menyebutkan tidak ada warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, sedangkan yang dinyatakan sembuh sebanyak satu orang dan nihil tambahan meninggal.

Dengan begitu, total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sejak awal pandemi sebanyak 25.811, sebanyak 24.958 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 838 orang meninggal.

Baca juga: Satgas: Kasus aktif COVID-19 di Batam tinggal 16 orang

"Sebanyak 15 orang dalam perawatan," demikian keterangan Satgas.

Dari 15 orang yang masih aktif COVID-19, hanya enam orang yang dalam perawatan di rumah sakit, delapan orang lainnya isolasi mandiri, dan seorang isolasi terpusat di asrama haji.

Satgas mencatat tingkat kesembuhan sebesar 96,69 persen, tingkat kematian 3,25 persen, dan kasus aktif 0,06 persen.

Baca juga: 1.395 PMI masih dikarantina COVID-19 di Batam

Sebaran COVID-19 juga relatif dapat dikendalikan. Seluruh kecamatan penyangga merupakan zona hijau yaitu Belakangpadang, Bulang dan Galang.

Sedangkan di pulau utama, dari sembilan kecamatan, tiga di antaranya zona hijau yaitu Sekupang, Batuampar dan Seibeduk. Enam kecamatan lainnya zona kuning yaitu Lubukbaja, Bengkong, Nongsa, Batuaji, Sagulung, dan Batam Kota.

Baca juga: 224 orang PMI dirawat di RSKI Pulau Galang karena positif COVID-19

Sementara itu, capaian vaksinasi dosis pertama di Batam mencapai 84,12 persen dari warga sasaran atau sebanyak 763.238 orang menerima suntikan pertama. Sedangkan dosis kedua mencapai 60,97 persen atau sebanyak 553.224 orang

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan meski kondisi penularan COVID-19 terus melandai, namun pihaknya tetap waspada dan mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga.

Ia mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

"Itu kuncinya, menjalankan protokol kesehatan," kata Wali Kota mengingatkan.

Baca juga: Pemkot Batam ingin seluruh warga tervaksin sebelum perbatasan dibuka

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Batam sudah 83 persen

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar