Menparekraf Sandiaga kunjungi Desa Wisata Sanankerto di Malang

id Kabupaten Malang,Menparekraf,Sandiaga Uno,Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Kunker Menparekraf,Boonpring,Desa Wisata Sanankerto

Menparekraf Sandiaga kunjungi Desa Wisata Sanankerto di Malang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (melambaikan tangan) pada saat mengunjungi destinasi wisata Boonpring, di Desa Wisata Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (15/10/2021). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Sanankerto yang berada di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengunjungi salah satu destinasi wisata utama yang ada di Desa Sanankerto, yakni Boonpring, yang memiliki daya tarik wisata dengan konsep wisata lingkungan khususnya tanaman bambu.

"Desa wisata Sanankerto ini keunggulan 115 spesies bambu, ada arboretrum yang jika divalidasi bisa menjadi yang terbesar di Indonesia. Ini daya tarik utama," kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, koleksi jenis-jenis bambu yang ada di ekowisata Boonpring tersebut, merupakan modal utama Desa Sanankerto untuk menarik minat para wisatawan. Selain itu, Boonpring juga memiliki telaga buatan untuk melengkapi hutan bambu tersebut.

Selain itu, lanjutnya, antusiasme masyarakat Desa Sanankerto untuk memajukan sektor wisata juga merupakan salah satu kunci berkembangnya desa wisata tersebut. Perekonomian Desa Sanankerto tersebut, bergantung pada pengembangan konsep pariwisata.

Baca juga: Menparekraf berdialog dengan pelaku pariwisata Malang Raya

"Saya melihat di Desa Sanankerto ini, masyarakatnya antusias, dan ekonomi bergantung pada pariwisata," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Malang juga menyatakan akan membangun, dan membenahi infrastruktur penunjang pariwisata di Desa Sanankerto tersebut. Ia mengharapkan, desa ekowisata itu bisa memiliki prestasi yang baik kedepannya.

"Saya cek, infrastruktur tambahan sudah cukup tersedia, saya berharap Desa Sanankerto nantinya punya prestasi yang baik kedepan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Malang M Sanusi menambahkan, jika prestasi Desa Wisata Sanankerto meningkat, Pemerintah Kabupaten Malang akan membenahi infrastruktur utamanya jalan desa, agar mampu mendukung sektor wisata yang saat ini terus berkembang.

"Nanti, jika Desa Sanankerto menjadi nomor satu, akses jalan akan kami lebarkan, agar sektor pariwisata bisa lebih baik," katanya.

Pada saat mengunjungi Desa Wisata Sanankerto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkesempatan untuk melihat aktivitas bermain anak-anak. Selain itu, Sandiaga juga membeli sejumlah produk buatan warga Desa Sanankerto.

Desa Wisata Sanankerto merupakan salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Penilaian desa wisata tersebut merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Pemkot Malang dorong sertifikasi halal sektor pariwisata

Baca juga: Dongkrak pariwisata, Kemenparekraf inisiasi Gerakan BISA di Malang

Baca juga: Sebanyak 160 pelaku wisata Kota Malang diizinkan beroperasi


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar