Sandiaga Uno ajak pelaku ekraf Surabaya-Malang perkuat inovasi usaha

id Sandiaga Uno,Menparekraf,AKI 2021

Sandiaga Uno ajak pelaku ekraf Surabaya-Malang perkuat inovasi usaha

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang diselenggarakan di Grand City Convention Hall Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/10). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif (ekraf) terutama para finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, untuk melakukan inovasi usaha sehingga dapat meningkatkan ekonomi di masyarakat.

“Inovasi ini berlandaskan kemampuan untuk berprestasi dan menjadi nakhoda di kapal sendiri,” ujarnya dalam acara AKI 2021 yang diselenggarakan di Grand City Convention Hall Surabaya, Jawa Timur, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, produk-produk ekraf yang ditampilkan di ajang AKI 2021 telah memiliki standar yang baik dan dinilai mampu naik level ke pasar internasional.

Para pelaku ekraf tersebut datang dari dari subsektor fesyen, kriya, kuliner, aplikasi, pengembang permainan, musik, film, animasi dan video.

Di kesempatan itu, Menparekraf mengajak para finalis untuk dapat memaksimalkan ilmu yang mereka dapat dari para mentor.

Secara khusus, Sandiaga mengajak para pelaku ekraf untuk menerapkan etos kerja 4 AS, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

“Setelah itu, serahkan kepada Tuhan dengan kerja ikhlas,” sebutnya

Seperti diketahui, AKI 2021 merupakan program ekraf melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha kreatif dan fasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif melalui pameran kepada para pelaku ekraf di beberapa subsektor. Yaitu kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan.

Adapun manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini kepada para pelaku ekraf adalah memiliki kesempatan untuk menimba ilmu dari mentor-mentor terbaik di Indonesia sesuai bidangnya.

Dengan itu, produk akan terpublikasikan sehingga dapat meningkatkan angka penjualan dan membangun jejaring untuk mengembangkan usaha.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga berkesempatan memberikan secara simbolis Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) JPU kepada 20 peserta dari sub sektor kriya, kuliner, dan fesyen.

Baca juga: Menparekraf undang 19 dubes Uni Eropa bahas sinergi sektor parekraf
Baca juga: Menparekraf Sandiaga kunjungi Desa Wisata Sanankerto di Malang
Baca juga: Sandiaga Uno: Anak masuk tempat wisata sesuai diskresi pemda

 


Pewarta : M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar