Bupati: PPKM di Banyumas turun ke level 2

id bupati banyumas, ppkm level 2

Bupati: PPKM di Banyumas turun ke level 2

Bupati Banyumas Achmad Husein. ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, turun dari level 3 menjadi level 2, kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Alhamdulillah, akhirnya Banyumas bisa turun ke level 2," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Ia mengatakan kepastian penurunan level tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kendati demikian, dia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena pemerintah kembali memperpanjang pelaksanaan PPKM selama dua pekan terhitung mulai tanggal 19 Oktober hingga 1 November 2021.

Seiring dengan perpanjangan PPKM tersebut, Bupati mengharapkan Banyumas dapat segera turun dari level 2 ke level 1. "Insya Allah, doa kita semua semoga bisa turun ke level 1," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan terus meningkatkan cakupan vaksinasi di Kabupaten Banyumas agar dapat segera turun ke level 1 seperti yang disyaratkan dalam Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021.

Baca juga: Bupati Banyumas: Pembukaan akses jalan untuk kepentingan masyarakat

Baca juga: Polresta Banyumas kurangi titik penyekatan selama perpanjangan PPKM


Dalam hal ini, penurunan level kabupaten/kota dari level 3 menjadi level 2 dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 50 persen dan capaian vaksinasi dosis pertama untuk lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40 persen.

Sementara penurunan level kabupaten/kota dari level 2 menjadi level 1 dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 70 persen dan capaian vaksinasi dosis pertama untuk lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 60 persen.

Bupati mengatakan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas per tanggal 18 Oktober 2021, cakupan vaksinasi di wilayah itu secara kumulatif sudah mencapai 57 persen atau 797.062 orang dari total sasaran 1.398.437 orang, sehingga masih kurang 181.796 orang untuk bisa mencapai minimal 70 persen.

"Khusus untuk cakupan vaksinasi bagi lansia, berdasarkan data per tanggal 18 Oktober 2021 sudah mencapai 65,1 persen atau 126.274 orang dari jumlah sasaran 194.112 orang. Ini sebenarnya sudah memenuhi syarat untuk turun ke level 1 namun karena cakupan vaksinasi kumulatifnya belum mencapai 70 persen, Banyumas masih di level 2," katanya menjelaskan.

Terkait dengan beberapa aturan dalam PPKM level 2, dia mengatakan pihaknya akan segera membahasnya bersama Satgas COVID-19 Kabupaten Banyumas dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) setempat. 

Baca juga: Pemkab Banyumas siapkan bantuan bagi warga terdampak PPKM Darurat

Baca juga: Bupati: Separuh pasien COVID-19 di Banyumas dari luar daerah

 

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar