Indeks Komponen Shanghai menguat 0,70 persen atau 25,02 poin menjadi berakhir di 3.593,15 poin
Shanghai (ANTARA) - Saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa, dipimpin oleh saham bahan pokok konsumen dan pertanian, karena regulator pasar negara itu mempertimbangkan dukungan yang lebih baik untuk perusahaan swasta setelah data ekonomi yang lemah.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komponen Shanghai menguat 0,70 persen atau 25,02 poin menjadi berakhir di 3.593,15 poin, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 terangkat 0,98 persen atau 47,95 poin menjadi menetap di 4.922,72 poin.

Regulator pasar China mengatakan akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan dukungan bagi perusahaan-perusahaan swasta dan mempromosikan persaingan yang adil dengan memperkuat pengawasan.

Ini terjadi setelah data pada Senin (18/10/2021) menunjukkan pertumbuhan ekonomi di China mencapai level terendah satu tahun, sementara analis memperkirakan langkah-langkah pelonggaran yang lebih bertarget akan datang dalam beberapa bulan mendatang.

Dikutip dari Reuters, bahan pokok konsumen meningkat 2,8 persen, rebound dari penurunan tajam di sesi sebelumnya karena sektor ini ketakutan oleh seruan Presiden Xi Jinping untuk perluasan pajak konsumsi.

Broker CICC mengatakan dalam sebuah catatan bahwa konsumsi diperkirakan akan terus pulih pada kuartal keempat, dan para analis mengatakan investor sekarang akan mengamati laporan laba perusahaan kuartal ketiga.

Subindeks pertanian berakhir naik lebih dari 3,0 persen, dengan perusahaan peternakan babi melonjak paling tinggi. Sub-indeks yang melacak saham perawatan kesehatan terangkat 1,8 persen.

Melawan tren, perusahaan real estat kehilangan 1,0 persen karena investor mencerna rencana pajak properti Beijing dan tanda-tanda melemahnya pasar perumahan China.

Baca juga: Saham Australia ditutup melemah, Indeks ASX 200 merosot 0,08 persen
Baca juga: Saham Jepang diperdagangkan menguat didorong sektor teknologi
Baca juga: Pasar saham Asia mengikuti Wall Street lebih tinggi, China "rebound"

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021