Alumni Akabri 99 luncurkan program Desa 100 Persen Kekebalan Komunal

id Akabri 99 Peduli,Desa Kekebalan Komunal,TNI Polri,percepatan vaksinasi,aa

Alumni Akabri 99 luncurkan program Desa 100 Persen Kekebalan Komunal

Tangkapan layar - Ketua Panitia Akabri 99 Peduli Kombes Pol Calvijn Simanjuntak menyampaikan laporan kegiatan vaksinasi massal dan penyaluran paket sembako di depan Panglima TNI dan Kapolri di Markas Korps Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021), sebagaimana disiarkan oleh kanal Youtube Puspen TNI. ANTARA/Genta Tenri Mawangi/aa.

Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Alumni Akabri Angkatan 1999, Rabu, meluncurkan program Desa 100 persen Kekebalan Komunal sebagai salah satu upaya membantu pemerintah mencapai target vaksinasi 2 juta dosis per hari.

Lewat program itu, Alumni Akabri Angkatan 1999 lewat gerakan Akabri 99 Peduli mengupayakan warga di 13 desa di tanah air seluruhnya dapat divaksin sehingga di tempat itu terbentuk kekebalan komunal (herd immunity).

Untuk tahap awal, Akabri 99 Peduli menjadikan Desa Sukamantri di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai tempat pelaksanaan program.

Tempat itu dipilih karena saat survei pada 29 September 2021 ada lebih dari 50 persen warga yang belum divaksin.

Baca juga: Panglima dan Kapolri puji Akabri 99 karena bantu percepatan vaksinasi

“Target kita ingin membawa warga Desa Sukamantri menuju 100 pesen warga yang sudah memiliki kekebalan komunal, yang kita sebut Desa Sukamantri 100 persen Kekebalan Komunal. Itu harapan kita semua,” kata Ketua Panitia Akabri 99 Peduli Kombes Pol Jean Calvijn Simanjuntak di Depok, Jawa Barat.

Vaksinasi COVID-19 di Desa Sukamantri berlangsung pada 6 Oktober 2021 sampai 18 Oktober 2021. Tepat pada hari terakhir itu, 100 persen warga di Desa Sukamantri telah divaksin.

Di samping vaksinasi, Akabri 99 Peduli juga menyalurkan paket-paket sembako serta membantu merenovasi bangunan madrasah di Desa Sukamantri.

Program itu kemudian diapresiasi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo setelah ia mendengar laporan kegiatan dari Ketua Panitia Akabri 99 Peduli.

Baca juga: Kapolri lepas penyaluran 4.000 paket sembako di Depok

“Beberapa inovasi yang disampaikan itu targetnya 100 persen, tentu ini saya beri apresiasi (buat Akabri 99) yang punya strategi vaksinasi khusus. Dari target yang ada, khusus di beberapa wilayah tidak 70 persen, tetapi 100 persen,” kata Kapolri saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Markas Korps Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, Rabu.

Kapolri lanjut menyampaikan kegiatan dan program semacam itu merupakan bukti bahwa TNI dan Polri selalu ada di garda terdepan membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19.

Kegiatan itu juga wujud TNI dan Polri yang solid dan bersinergi.

“Kita semua siap bekerja keras bersama-sama bergabung memerangi dan mengendalikan laju pertumbuhan COVID-19,” terang Kapolri.

Baca juga: Alumni Akabri '89 bagi-bagi 183 ribu paket sembako

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar