Penajam, Kaltim (ANTARA) -
Jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, bertambah 3 menjadi 7 orang, setelah beberapa hari nihil penambahan kasus.
 
"Dalam beberapa hari tidak ada penambahan kasus positif, namun hari ini bertambah 3 positif, sehingga kami kembali mengingatkan warga untuk selalu menjaga protokol kesehatan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Kamis.
 
Adanya penambahan 3 positif hari ini, maka total positif sejak tahun lalu hingga sekarang menjadi 4.426 orang, dengan perkembangan total sembuh ada 4.190 orang, total meninggal ada 229 orang, dan kasus aktif tercatat 7 orang.
 
Menurutnya, jumlah kasus positif COVID-19 yang sebanyak 7 orang tersebut tersebar di tiga kecamatan dari total empat kecamatan yang ada di Kabupaten PPU.

Baca juga: PPKM Kabupaten PPU dinaikkan ke level 3

Baca juga: 75 persen kecamatan di Kabupaten PPU zona hijau
 
Rinciannya di Kecamatan Sepaku hanya tersisa 1 warga yang masih positif, total sembuh ada 875 orang, dan total meninggal sejak tahun lalu hingga hari ini tercatat ada 55 orang.
 
Kemudian di Kecamatan Penajam masih ada 4 warga yang positif, total sembuh mencapai 2.193 orang, dan total meninggal akibat COVID-19 tecatat ada 101 orang.
 
Selanjutnya adalah di Kecamatan Babulu tercatat ada 2 orang positif, kemudian sebanyak 662 orang telah sembuh, dan total yang meninggal akibat COVID-19 ada 50 orang.
 
Sedangkan di Kecamatan Waru sudah tidak ada lagi warga yang positif, sementara total sembuh dari COVID-19 sebanyak 460 orang dan total meninggal  23 orang.
 
Grace yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU ini menyatakan selain ada tambahan positif, hari ini pun terdapat penambahan 3 warga yang dinyatakan suspek, sehingga total suspek sejak 22 Maret 2020 hingga 21 Oktober 2021 sebanyak 6.067 orang.
 
"Dari total 6.067 suspek tersebut, perkembangannya antara lain sebanyak 31 suspek yang meninggal dengan komorbid, sebagian menjadi sehat, dan 4.426 orang menjadi positif yang kemudian banyak yang sembuh," ujarnya.*

Baca juga: Tiga kecamatan di PPU bertahan di zona kuning

Baca juga: Delapan pasien COVID-19 di Kabupaten PPU sembuh

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021