Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong peran swasta untuk mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia yang menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29 persen dalam kurun 2020-2030.

Kadin pun berkomitmen menghimpun keikutsertaan seluruh sektor swasta untuk menjadi katalisator kebijakan tersebut dan akan mengintegrasikannya ke dalam siklus kegiatan ekonomi guna berikan kontribusi dalam upaya dekarbonisasi.

"Dalam skala utilitas, Kadin melihat banyak minat dari pihak domestik, regional bahkan internasional yang telah menjalankan praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) atau sering disebut Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) dan ingin mengambil bagian dalam pertumbuhan energi terbarukan di Indonesia," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Arsjad memberikan apresiasi atas komitmen pemerintah untuk memfasilitasi upaya dekarbonisasi, misalnya melalui penerbitan RUPTL Hijau oleh Kementerian ESDM dan PT PLN.

Menurutnya, dalam skala yang lebih kecil namun tetap penting, Kadin juga melihat bahwa banyak dari sektor swasta semakin tertarik untuk memasang panel energi surya sebagai bagian dari upaya dekarbonisasi.

Arsjad optimis, dengan model bisnis dan skema pembiayaan yang semakin matang di sekitar industri panel energi surya, Kadin dapat mendorong lebih banyak investasi dalam rantai nilai atap surya, dalam bentuk panel surya, elektronika daya, penyimpanan energi, dan layanan EPC (Engineering-Procurement-Construction).

"Hal seperti ini pada gilirannya akan menciptakan siklus umpan balik positif yang memungkinkan terciptanya ekonomi hijau atau industri hijau," ujarnya.

Peran swasta dalam pengembangan energi terbarukan atau dalam upaya dekarbonisasi, lanjut Arsjad, tidak hanya dalam upaya mitigasi gas rumah kaca saja.

Menurut dia, jika dilakukan dengan strategi yang tepat upaya tersebut juga dapat memacu tumbuhnya industri baru dan memberikan keuntungan ganda bagi Indonesia.



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021