Jakarta (ANTARA) - Pengembangan rantai nilai halal atau halal value chain harus saling terintegrasi secara simultan mulai dari infrastruktur regulasi hingga pelaku usaha syariah, kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin di acara Trade Expo Indonesia (TEI) Tahun 2021 melalui konferensi video dari Jakarta, Jumat.

"Rantai nilai halal itu harus saling terintegrasi dan dikembangkan secara simultan, mulai dari infrastruktur regulasi, pengembangan industri halal, keuangan syariah, dana sosial syariah serta yang tidak kalah penting para pelaku usaha dan bisnis syariah," kata Ma’ruf Amin dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat.

Indonesia tidak akan bisa menjadi pusat halal dunia apabila hanya fokus pada pengembangan keuangan dan perbankan syariah, kata Wapres. Sehingga integrasi terhadap rantai nilai halal tersebut harus dibangun sejak dini, tambahnya.

Untuk menggairahkan kembali perekonomian nasional yang terdampak pandemi COVID-19, Wapres menilai seluruh pemangku kepentingan harus mengutamakan peningkatan nilai di sektor yang berpeluang tumbuh positif.

"Di antara sektor-sektor tersebut, sektor makanan dan sektor pertanian adalah dua sektor yang pertumbuhannya berada di atas pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) nasional," jelasnya.

Sektor makanan dan pertanian tersebut, lanjut Wapres, juga berada di urutan teratas dalam halal value chain, sehingga Indonesia dapat menjadi pusat rantai halal global apabila mengembangkan dua sektor tersebut.

Oleh karena itu, Wapres mengajak seluruh pihak terkait di bidang perekonomian untuk bekerja keras mengembangkan halal value chain di Indonesia.

"Khususnya dengan upaya akselerasi sertifikasi halal, menguasai ekosistem pendukung ekspor produk halal, membuka dan menangkap peluang ekspor produk halal, serta kolaborasi dan integrasi usaha besar dengan koperasi dan UMKM," tegasnya.

Terkait penyelenggaraan Halal Trade Forum, Wapres berharap forum tersebut dapat menjadi peluang bagi para pembeli dan mitra dagang Indonesia dalam mengeksplorasi produk halal dan membangun jejaring kerja.

"Saya optimistis para eksportir Indonesia akan memperoleh kesempatan mengenal dan mengeksplorasi produk unggulan serta menjalin kemitraan yang saling menguntungkan," ujarnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021