Penandatanganan lima nota kesepahaman senilai 1,61 juta dolar AS tersebut meliputi produk kacang, ayam olahan, produk perikanan, makanan halal, produk pertanian, dan furnitur antik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional berhasil memfasilitasi penandatanganan lima nota kesepahaman (MoU) antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang asal Jepang secara daring dengan nilai 1,61 juta dolar AS.

“Penandatanganan lima nota kesepahaman senilai 1,61 juta dolar AS tersebut meliputi produk kacang, ayam olahan, produk perikanan, makanan halal, produk pertanian, dan furnitur antik. Diharapkan hubungan ekonomi Indonesia dan Jepang terus berkembang dan saling menguntungkan,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi melalui keterangannya di Jakarta, Jumat.

Penandatanganan yang disaksikan secara daring oleh Didi tersebut, dilakukan pada gelaran Trade Expo Indonesia-Digital Edition (TEI-DE) 2021.

Didi juga menyampaikan apresiasi setinggi-setingginya bagi pelaku usaha Indonesia dan mitra asal Jepang yang tetap gigih dan berupaya keras untuk melakukan ekspansi bisnis di tengah situasi ekonomi global yang tidak menentu.

Didi juga meminta pelaku usaha Jepang untuk mengunjungi platform TEI-DE ke-36 2021 guna mengeksplorasi produk yang dapat diterima di pasar Jepang. Secara daring, TEI berlangsung hingga 4 November 2021, sementara showcase-nya berlangsung hingga 22 Desember 2021.

Didi menegaskan nilai penandatanganan MoU pada TEI-DE ke-36 hingga hari kedua yaitu sebesar 802,18 juta dolar AS.

"Nilai ini diperoleh dari penandatanganan MoU di hari pertama sebesar 800,57 juta dolar AS dan hari kedua sebesar 1,61 juta dolar AS. Nilai ini tentunya akan terus bertambah,” tandas Didi.

Penandatanganan juga disaksikan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Tokyo Tri Purnajaya, Atase Perdagangan Tokyo Arief Wibisono, dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka Dicky Farabi secara daring.

Baca juga: Mendag: Perkuat kerja sama ekonomi kawasan bangkitkan perdagangan
Baca juga: Perdagangan, investasi Indonesia dan Korsel tunjukkan kinerja positif
Baca juga: Mendag: ASEAN sepakat perkuat kerja sama dan fasilitasi perdagangan


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021