Kami akan membantu daerah dalam pemeliharaan dan penataan taman makam pahlawan
Blitar (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan pemerintah pusat akan membantu pemerintah daerah di Blitar, Jawa Timur, dalam perawatan area Makam Presiden Pertama Indonesia, Soekarno di Kelurahan Bendogerit, agar lebih baik.

"Sejak diresmikan di tahun 1979, makam Bung Karno belum pernah mendapatkan perawatan dan pemeliharaan. Karenanya kami di Kementerian Sosial yang juga mempunyai kaitan dalam kepahlawanan melakukan perawatan bersama pemda," kata Mensos Risma di Komplek Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu.

Mensos mengatakan keikutsertaan pemerintah pusat dalam pemeliharaan taman makam pahlawan itu dilakukan demi membantu pemerintah daerah, sebab jika tugas pemeliharaan makam hanya dilakukan oleh pemda, akan terasa berat.

Baca juga: Mensos bantu 105 tablet untuk siswa di eks lokalisasi Dolly Surabaya

"Kami akan membantu daerah dalam pemeliharaan dan penataan taman makam pahlawan supaya tidak terlalu membebani pemerintah daerah. Sehingga ke depan makam bagi para pahlawan diharapkan menjadi lebih baik dan terawat," kata Mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Mensos Risma melakukan ziarah di Makam Bung Karno. Setelah ziarah, ia juga langsung meninjau sejumlah fasilitas di area makam tersebut.

Mensos juga meneliti setiap jengkal bangunan untuk memastikan kebutuhan apa yang diperlukan untuk memperbaiki fasilitas Makam Bung Karno. Pada beberapa titik, Mensos menginstruksikan pengelola makam untuk melakukan pembenahan.

Baca juga: Mensos lakukan pencairan kilat bantuan sosial di Bali

"Pak ini perlu adanya lampu agar menjadi lebih terang, kemudian lantai juga digosok agar  mengkilap. Di pohon juga dikasih lampu di beberapa titik," ujar Mensos Risma kepada pengelola makam.

Sebelum ke Makam Bung Karno di Blitar, Mensos juga sempat mengunjungi Makam Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dhien di Sumedang, Jawa Barat, serta Makam Pahlawan  Bung Hatta di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.

Baca juga: Mensos ingatkan daerah percepat distribusi bantuan sosial

Menurut Mensos keberadaan makam para pahlawan yang jauh dari tempat asal menjadi prioritas untuk pemeliharaan.

"Sebelum ke sini saya juga mengunjungi Makam Pahlawan Nasional Tjut Nya Dien di Sumedang. Alhamdulilah bersih dan terawat karena Pemda Sumedang sangat perhatian," kata Risma.

Sementara itu, Wali Kota Blitar Santoso mengapresiasi kehadiran serta kebijakan yang diberikan Kemensos untuk perawatan Komplek Makam Bung Karno. Ia menilai hal tersebut menandakan jiwa besar Mensos yang sangat menghargai jasa Soekarno sebagai Pahlawan.

Baca juga: Mensos resmikan SKA bagi penyandang disabilitas di Tabanan

"Bangga, salut dan istimewa saya tujukan kepada Ibu Mensos. Kehadirannya dan kepeduliannya terhadap makam Bung Karno menandakan beliau berjiwa besar menghargai jasa bapak bangsa sekaligus proklamator. Terima kasih kami sampaikan kepada Mensos," kata Santoso.

Sementara itu, dalam kegiatan itu Mensos juga memantau kegiatan pembersihan fasilitas makam yang dilakukan oleh petugas. Sejumlah barang juga dibawa misalnya tempat sampah serta aneka bunga yang akan ditanam di sekitar komplek Makam Bung Karno tersebut.

Warga sekitar yang mengetahui kedatangan Mensos juga langsung menyambutnya dengan menyapa, namun jaga jarak tetap dilakukan. Acara juga tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

Baca juga: Risma inginkan karya anak-anak bernilai tinggi di SKA Paramita

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021