Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mencatat sebanyak 2.397 tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu telah disuntik vaksinasi COVID-19 dosis ketiga.

Kepala Dinkes Kendari Rahminingrum di Kendari, Minggu, mengatakan sasaran vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan di ibu kota provinsi itu tercatat sebanyak 4.151 orang.

"Vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di Kota Kendari sudah diberikan kepada 2.397 orang atau 57,76 persen dari target sasaran," kata dia melalui pesan WhatsApp.

Sementara pemberian vaksin reguler (Sinovac) dosis satu tercatat 5.602 orang atau 134,96 persen dari sasaran. Lalu dosis kedua mencapai 5.139 orang atau 123,8 persen dari target.

Rahminingrum menjelaskan, pemberian vaksin dosis ketiga penting dilakukan apalagi vaksin tersebut merupakan salah satu jenis vaksin terbaik yakni Moderna.

Menurutnya, vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin COVID-19 buatan Moderna pada tenaga kesehatan dengan platform mRNA dan nukleosida yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2.

Dia memastikan, semua tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang menangani langsung pasien COVID-91 di daerah itu akan mendapatkan vaksinsi dosis ketiga.

"Untuk pelayanan vaksin Booster, kami membuka pelayanan setiap hari di pelataran Kantor Dinkes Kendari. Kami berharap nakes berpartisasi menyukseskan pemberian dosis ketiga ini," demikian Rahminingrum*
Baca juga: RSUD Kendari khawatir nakes yang tangani pasien COVID-19 mogok kerja
Baca juga: Dinkes Kendari: Insentif nakes per puskesmas maksimal Rp100 juta

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021