Sorong (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp45 miliar untuk pembangunan taman wisata alam mangrove Kawalu kota Sorong.

"Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat adat pemilik ulayat tanah taman wisata alam mangrove Kawalu Sorong yang bersinergi dengan pemerintah menyerahkan tanah sehingga taman wisata alam tersebut dapat dibangun," kata Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja di Sorong, Senin (25/10)

Dia mengatakan bahwa keikhlasan masyarakat untuk menyerahkan tanah kepada pemerintah kota Sorong mengembangkan kawasan taman wisata alam mangrove Kawalu itulah yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan.

Sebab, menurut dia, lahan dengan dasar hukum yang jelas menjadi syarat utama pemerintah pusat memberikan anggaran untuk pembangunan taman wisata alam mangrove Kawalu Sorong.

Menteri Sandiaga Uno mengatakan bahwa pemerintah fokus kembangkan pariwisata di wilayah timur Indonesia untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

Dikatakan bahwa kota Sorong merupakan daerah transit sehingga selain taman wisata alam mangrove Kawalu potensi lain juga perlu dikembangkan.

"Seperti kuliner suvenir khas masyarakat setempat sehingga yang mengunjungi kota Sorong tidak sekedar jalan-jalan untuk melihat tetapi juga membeli produk masyarakat agar ekonomi masyarakat bertumbuh," tambah dia.

Baca juga: Para dubes negara sahabat apresiasi penanaman mangrove oleh Indonesia

Baca juga: Presiden Jokowi targetkan rehabilitasi 600 ribu hektare hutan mangrove

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021