Di Schofield Barracks terdapat tempat latihan dan persenjataan bagi personel United States Army Pacific.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku terkesan dengan peralatan perang di Schofield Barracks yang merupakan markas bagi divisi 25 infanteri militer Amerika Serikat (AS).

"Di Schofield Barracks terdapat tempat latihan dan persenjataan bagi personel United States Army Pacific. Peralatan yang mereka miliki sangat mengesankan," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa melalui kanal YouTube TNI AD yang dipantau di Jakarta, Senin.

Kasad bersama sejumlah delegasi negara kawasan Indo-Pacific lain yang tergabung dalam rangkaian kegiatan Indo-Pacific Armies Chiefs Conference ke-12 yang berlangsung di Honolulu, Hawaii berkesempatan mengunjungi lokasi tersebut.

Untuk menuju Schofield Barracks yang berada di kaki Pegunungan Waianae atau di dekat Kota Wahiawa dan Mililani, Kasad bersama para delegasi negara lainnya terbang menggunakan helikopter Black Hawk sekitar 30 menit dari Honolulu.

Setibanya di lokasi, Commanding General United States Army Pasific General Charles A. Flynn langsung mengajak berkeliling lokasi latihan dan tempat persenjataan bagi personel United States Army Pacific (USARPAC).

Di Schofield Barracks terdapat kendaraan berat untuk tempur, helikopter termasuk senapan yang digunakan menjaga pertahanan di kawasan tersebut.

Para delegasi negara Indo-Pacific juga melihat simulasi penembakan dengan salah satu alat tempur Schofield Barracks yang didirikan pada 1908, untuk menyediakan pangkalan bagi pertahanan angkatan darat di Pearl Harbor dan seluruh pulau.

Kunjungan Kasad dan delegasi negara Indo-Pacific ke Negeri Paman Sam sekaligus menghadiri Senior Enlisted Leader Forum (SELF) Ke-7 di Fort Shafter, Schofield Barracks, Hawai, AS.

Kegiatan itu diselenggarakan bersama oleh United States Army Pasific dan Papua New Guinea Defence Force. Indo-Pacific Armies Chiefs Conference merupakan forum untuk bertukar pandangan dan ide, serta menyatukan para pemimpin senior Angkatan Darat.
Baca juga: Kasad hadiri Indo-Pacific Armies Chiefs Conference
Baca juga: Enam batalion ikuti latihan bersama antara SFAB US Army dan TNI AD

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021