Anak dan balita merupakan generasi penerus bangsa, sehingga dibutuhkan perhatian khusus.
Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bersama Puskesmas Ubrub memberikan pelayanan kesehatan posyandu kepada warga perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) di Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima, Selasa, mengatakan layanan kesehatan posyandu untuk memperhatikan tumbuh kembang anak dan balita yang menjadi fokus utama bagi pemerintah.

"Karena anak dan balita merupakan generasi penerus bangsa, sehingga dibutuhkan perhatian khusus agar kesehatannya dapat terjamin. Salah satu langkah yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan anak dalam bentuk pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan," ujar Dansatgas.

Diakuinya, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan perhatian khusus pada anak dan balita dengan melalui program posyandu khususnya bagi warga yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG.

Di tempat terpisah, Danpos Tatakra Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Triyanto mengatakan, keberadaan posyandu memiliki peran yang sangat penting, karena selain mampu membantu mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Disebutkan, layanan posyandu juga memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan balitanya melalui pola konsumsi keluarga.

"Dalam kegiatan kali ini, Puskesmas Ubrub menyiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi sang ibu, kemudian untuk anak diberikan vitamin A serta imunisasi DPT, sedangkan kami Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista menurunkan lima personel kesehatan untuk membantu pelaksanaannya,” ujar Letda Triyanto.

Ia berharap, kehadiran Puskesmas Ubrub yang berkolaborasi dengan tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista sebagai bentuk sinergitas dengan lembaga kesehatan daerah serta dapat mempererat hubungan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat di wilayah perbatasan.

Sementara itu, Bidan desa Ubrub Desi mengatakan, kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Puskesmas Ubrub.

Jajaran Puskesmas Ubrub mengapresiasi hadirnya TNI yang turut mengajak untuk mendukung membantu pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami merasa bangga dan salut dengan bapak-bapak TNI yang telah inisiatif mengajak bersama-sama melaksanakan kegiatan posyandu di Kampung Tatakra. Dengan adanya kolaborasi bersama satgas TNI, pelaksanaan posyandu ini dapat berjalan dengan aman dan lancar semoga ke depannya kegiatan ini dapat terus digalakan,” ujarnya pula.
Baca juga: Bareng puskesmas, Satgas TNI bantu layanan posyandu warga perbatasan
Baca juga: Menyiapkan generasi sehat di beranda negeri

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021