Kominfo nyatakan berbagai pihak miliki peranan dorong implementasi 5G

id Kominfo,Implementasi 5G,Teknologi informasi dan komunikasi

Kominfo nyatakan berbagai pihak miliki peranan dorong implementasi 5G

Ilustrasi - Teknologi seluler generasi kelima (5th Generation/5G). (ANTARA/Applegazette)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan berbagai pihak atau pemangku kepentingan memiliki peranan yang sama dalam mendorong implementasi layanan telekomunikasi generasi kelima atau 5G di Indonesia.

"Kami menyadari bahwa masing-masing pemangku kepentingan memiliki peranan yang sama pentingnya dalam mendorong implementasi 5G di Indonesia," kata Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo Ayu Widyasari dalam acara virtual, Selasa.

Kementerian Kominfo, kata Ayu, berperan dalam memberikan arah pengembangan teknologi, menyediakan regulasi, menyediakan ruang berusaha yang sama, memfasilitasi untuk pengembangan ekosistem, serta menjadi orkestrator pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca juga: Kominfo: Realisasi insentif PEN capai 96 persen

Sementara kementerian atau lembaga berperan dalam memberikan fasilitas di sektornya masing-masing. Adapun Pemerintah daerah berperan dalam memfasilitasi pembangunan infrastruktur pendukung.

Ayu mengatakan penyelenggara telekomunikasi juga memiliki peranan dalam menyediakan infrastruktur layanan konektivitas 5G sekaligus berpeluang menjalin kerja sama dengan industri vertikal untuk memberikan solusi teknologi 5G.

Selanjutnya, perguruan tinggi berperan dalam menyediakan sumber daya manusia atau talenta digital yang kompetitif.

Sedangkan industri, vendor dan perangkat startup, developer, serta komunitas berperan untuk bekerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi dalam menyediakan perangkat TIK, penyediaan perangkat end user pada setiap segmen pasar, pengembangan aplikasi konten, serta memberikan inovasi produk digital yang dinamis sebagai solusi bagi aktivitas ekonomi.

"Sedangkan di kalangan dunia usaha dalam peluang menjadikan teknologi 5G sebagai solusi peningkatan proses bisnis melalui otomatisasi digital proses untuk peningkatan produksi," kata Ayu.

Lebih lanjut Ayu menambahkan bahwa media juga berperan penting dalam mendorong dan memberikan umpan balik bagi seluruh sektor untuk menuju kesadaran transformasi digital.

"Kami sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada para pemangku kepentingan di sektor TIK yang secara konsisten menjadi mitra dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia," ucap dia.

"Semoga peran serta kerja sama kolaborasi kita semua para pemangku kepentingan memberikan manfaat yang optimal untuk masyarakat dan perekonomian rakyat dan negara," pungkas Ayu.

Baca juga: Kominfo dukung pengembangan satelit nano Indonesia

Baca juga: Kominfo minta PSE perhatikan keamanan sistem dan data pengguna
Qq
Baca juga: Implementasi 5G bukan demi gengsi, tapi untuk kesejahteraan masyarakat

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar