TNI petakan wilayah capaian vaksin terendah di Jakarta Barat

id vaksin jakarta barat

TNI petakan wilayah capaian vaksin terendah di Jakarta Barat

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki membagikan masker gratis pada masyarakat di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (10/9/2020). ANTARA/HO-Polres Metro Jakarta Barat

Jakarta (ANTARA) - Jajaran Kodim 0503 Jakarta Barat memetakan beberapa wilayah capaian vaksin terendah di daerah itu, khususnya untuk dosis pertama vaksinasi COVID-19. 

"Hasilnya Kecamatan Cengkareng merupakan salah satu wilayah yang memiliki capaian vaksin terendah," kata Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, hal itu karena ada beberapa faktor, seperti pertama Cengkareng itu banyak hunian murah sehingga mereka keluar masuk dengan mudah.

Kedua, banyak industri sehingga mobilitas karyawan tinggi.

Selain itu, mayoritas masyarakat kurang teredukasi soal vaksin lantaran banyak yang termakan berita hoaks tentang bahaya vaksin.

Baca juga: Kesadaran masyarakat Jakbar ikut vaksin sudah tinggi saat PPKM Level 2

Maka dari itu, pihaknya melakukan beberapa upaya untuk menambah capaian vaksin di Jakarta Barat, salah satunya di Cengkareng.

Upaya pertama, lanjut Dadang, pihaknya masih membuka gerai vaksinasi di beberapa titik kawasan Cengkareng, terutama di Kelurahan Kapuk.

"Dari mabes TNI kurang lebih hampir dua bulan lebih untuk memaksimalkan daerah Cengkareng terutama Kelurahan Kapuk. Sampai sekarang, gerai vaksin masih kita buka," kata Dadang.

Kedua, penyebaran selebaran hingga sosialisasi yang dilakukan anggota Babinsa per kecamatan hingga kelurahan terkait kegunaan vaksin pun juga terus dioptimalkan.

Dengan demikian, Dadang berharap Cengkareng kelak bisa menjadi wilayah dengan capaian vaksin tertinggi di wilayah Jakarta Barat.

Baca juga: 876 PMKS dan PKL sudah divaksin di Kantor Wali Kota Jakbar

Di saat yang sama, Camat Cengkareng Ahmad Faqih sempat membagikan data capaian vaksin terbaru di setiap kecamatan di wilayahnya.

Berdasarkan data capaian vaksin pada Minggu (24/10), sasaran vaksinasi dosis pertama di Kkecamatan Cengkareng sebanyak 456.111 warga. Sedangkan jumlah warga yang sudah divaksin yakni sebanyak 350.821 warga.

Kelurahan Kapuk pun menjadi wilayah dengan capaian vaksinasi paling jauh dari target yang telah ditetapkan.

Tercatat sebanyak 99.800 warga di Kelurahan Kapuk sudah tervaksin, sedangkan target yang harus dicapai sebanyak 134.466.

Baca juga: Satpol PP jemput ratusan PMKS di Jakbar untuk divaksin

Pewarta : Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar